11 Perjanjian Dagang On Going, 4 di Antaranya Target Rampung 2021

Senin, 12 April 2021 - 15:20 WIB
loading...
11 Perjanjian Dagang On Going, 4 di Antaranya Target Rampung 2021
Wamendag, Jerry Sambuaga menerangkan, saat ini pihaknya tengah melakukan penyelesaian terhadap 11 perjanjian dagang. Rencananya dari jumlah tersebut 4 perjanjian dagang bisa diselesaikan pada tahun ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga menerangkan, saat ini pihaknya tengah melakukan penyelesaian terhadap 11 perjanjian dagang . Rencananya dari jumlah tersebut 4 perjanjian dagang bisa diselesaikan pada tahun ini.

"Ada 11 perjanjian dagang yang sedang on going, yang besar perjanjian itu misalnya CEPA dengan Uni Eropa, Indonesia-EU CEPA," ujarnya dalam sosialisasi Perjanjian Dagang, Senin (12/4/2021).



Bentuk dalam perjanjian tersebut terdiri dari Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA), Free Trade Agreement (FTA), dan Preferential Trade Agreement (PTA).

"Dari 11 ini kami menargetkan mudah-mudahan tahun ini 3 sampai 4 perjanjian," terangnya.



Sekedar informasi, 11 perjanjian dagang yang ditargetkan selesai tahun ini meliputi, Indonesia-European Union CEPA, Indonesia-Turkey CEPA, Indonesia-Pakistan TIGA (Trade in Goods Agreement atau peningkatan dari PTA), Indonesia-Bangladesh PTA, dan Indonesia-Tunisia PTA.

Selanjutnya, Indonesia-Iran PTA, Indonesia-Mauritius PTA, dan Indonesia-Morocco PTA. Sedangkan, perjanjian dagang yang telah memasuki proses review yakni Asean Economic Community dan Asean-India FTA (AIFTA).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2728 seconds (0.1#10.140)