Gunung Berapi di St. Vincent Akan Meletus, 16.000 Orang Diperintahkan Mengungsi

Jum'at, 09 April 2021 - 13:45 WIB
loading...
Gunung Berapi di St. Vincent Akan Meletus, 16.000 Orang Diperintahkan Mengungsi
Gunung berapi aktif La Soufriere di St. Vincent menunjukkan tanda-tanda akan meletus. Foto/Russia Today
A A A
KINGSTOWN - Pemerintah pulau Karibia, St Vincent , telah memerintahkan evakuasi massal di daerah yang dekat dengan gunung berapi aktif La Soufriere. Seismolog mengatakan bahwa letusan eksplosif dapat terjadi dengan sedikit peringatan.

"Sekitar 16.000 orang yang tinggal di sekitar gunung berapi La Soufriere di apa yang disebut "zona merah" akan dievakuasi, baik ke bagian pulau yang lebih aman atau ke kapal pesiar," bunyi pengumuman yang dikeluarkan pihak berwenang seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (9/4/2021).

Sementara gunung berapi telah menunjukkan aktivitas seismik sejak Desember 2020, dalam beberapa hari terakhir ini telah meningkat, memicu kekhawatiran akan letusan besar yang akan segera terjadi dan berpotensi menghancurkan.

Rekaman yang diposting oleh Pusat Penelitian Seismik Universitas Hindia Barat (UWI-SRC) pada Kamis malam menunjukkan kubah gunung berapi bersinar dan awan uap berkumpul di sekitar puncak.



Para peneliti mencatat enam pita getaran vulkanik terpisah pada hari Kamis, mencatat bahwa aktivitas seperti itu biasanya berarti magma mendekati permukaan kawah. Gunung berapi itu juga memuntahkan abu, semakin memicu laporan bahwa La Soufriere berada di ambang letusan.

“Letusan efusif terus berlanjut dan fase ledakan letusan mungkin dimulai dengan sedikit peringatan,” kata UWI-SRC.

Sementara ahli seismologi tidak dapat memberikan garis waktu yang jelas kapan gunung berapi akan meletus, Ahli Geologi UWI-SRC dan Ketua Tim Ilmiah Prof. Richard Robertson memperingatkan bahwa tidak mengherankan jika gunung berapi tersebut meletus dalam 24-48 jam ke depan.

Perdana Menteri St. Vincent Ralph Gonsalves mendesak semua penduduk di timur laut dan barat laut pulau vulkanik itu untuk mengungsi dengan segera. Berbicara kepada warganya pada hari Kamis, Gonsalves mengatakan bahwa kapal pesiar Royal Carribean akan menuju ke daerah tersebut untuk membawa penduduk yang berisiko ke dalamnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)