Pakar: 4 Hari Kerja Tingkatkan Produktivitas

Senin, 05 April 2021 - 01:00 WIB
loading...
Pakar: 4 Hari Kerja Tingkatkan Produktivitas
Ilustrasi
A A A
LONDON - Menyusul maraknya pekerjaan jarak jauh untuk karyawan di seluruh dunia, perdebatan tentang empat hari kerja dalam seminggu terus mengumpulkan momentum, dari bos dan pekerja. Akibatnya, banyak perusahaan dan bisnis global sekarang mencari cara-cara kreatif untuk memerangi pandemi , sambil membuang waktu lima hari seminggu untuk staf mereka.

Rita Fontinha, Associate Professor of International Business and Strategy di Henley Business School, di University of Reading menuturkan, beberapa perusahaan multinasional, seperti Microsoft dan anak perusahaannya di Jepang, sudah mulai menguji coba empat hari kerja seminggu dan itu berarti bekerja empat hari dengan gaji yang sama.



Dia mengatakan, cara ini ternyata efektif, dengan produktivitas meningkat 40 persen selama masa percobaan.

"Itu terjadi pada musim panas 2019 dan kami memiliki kasus lain, seperti misalnya Unilever di Selandia Baru. Mereka saat ini menerapkan empat hari kerja dalam seminggu sebagai uji coba 12 bulan untuk 81 staf mereka di negara ini, dan mereka sudah mulai melaporkan beberapa peningkatan produktivitas," ucapnya, seperti dilansir Sputnik.

Rita mengatakan, banyak perusahaan di Inggris juga sudah menerapkan empat hari kerja. "Jadi, kami telah melihat bahwa bisnis Inggris telah mulai menerapkannya sampai batas tertentu. Mungkin tidak perlu untuk seluruh tenaga kerja," ungkapnya.



Dirinya menuturkan, sebuah survei yang dilakukan Henley Business School, yang menargetkan hampir 500 bisnis di Inggris, dan 32,8 persen diantaranya telah menerapkan empat hari kerja seminggu dalam angkatan kerja mereka.

"Ini lebih sering terjadi di perusahaan menengah atau besar, jadi kami melihat bahwa perusahaan mikro dan kecil lebih jarang mengadopsinya," paparnya.

"Kami juga mensurvei lebih dari 2.000 karyawan dan kami menemukan bahwa mereka yang sudah memiliki empat hari kerja seminggu menunjukkan peningkatan penting dalam hal kesejahteraan mereka. Secara keseluruhan, kepuasan karyawan telah meningkat, ketidakhadiran karena sakit berkurang," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)