Polisi Hadang Konvoi Warga Bawa Bendera Gerakan Aceh Merdeka di Lhokseumawe Aceh

Minggu, 28 Maret 2021 - 07:26 WIB
loading...
Polisi Hadang Konvoi Warga Bawa Bendera Gerakan Aceh Merdeka di Lhokseumawe Aceh
Nyaris terjadi ricuh puluhan warga di Kota Lhokseumawe, Aceh menggelar aksi dengan berkonvoi menggunakan sepeda motor sambil memegang bendera bulan bintang mengelilingi Kota Lhokseumawe, Minggu (28/3/2021). Foto iNews TV/Armia J
A A A
LHOKSEUMAWE - Nyaris terjadi ricuh puluhan warga di Kota Lhokseumawe , Aceh menggelar aksi dengan berkonvoi menggunakan sepeda motor sambil memegang bendera bulan bintang mengelilingi Kota Lhokseumawe , Minggu (28/3/2021). Aksi konvoi tersebut dihadang oleh Polisi karena menyalahi peraturan lalulintas karena mereka tidak menggunakan helm dan menyalahi prokes COVID-19.
Polisi Hadang Konvoi Warga Bawa Bendera Gerakan Aceh Merdeka di Lhokseumawe Aceh

Aksi konvoi puluhan pemuda di Lhokseumawe sambil memegang bendera bulan bintang dihadang oleh Polisi karena menyalahi peraturan lalulintas dan prokes COVID 19

Sempat terjadi adu mulut dengan Polisi dan nyaris ricuh saat personil Polres Lhokseumawe menyetop sepeda motor mereka ketika melintas di Jalan Merdeka depan Taman Riyadah.



Aksi konvoi sambil membawa bendera bulan bintang terjadi saat aparat keamanan dari Polres Lhokseumawe melakukan pengamanan aksi unjukrasa yang dilakukan oleh Aneuk Syuhada memperingati 148 tahun Perang Aceh dengan Belanda bertepatan 26 Maret 1873 ke- 26 Maret 2021.

Mereka dihadang oleh polisi saat segerombolan yang menggunakan puluhan sepeda motor tersebut melintas di depan Taman Riyadah.
Polisi Hadang Konvoi Warga Bawa Bendera Gerakan Aceh Merdeka di Lhokseumawe Aceh

Aksi konvoi itu pun langsung dicegat oleh petugas gabungan dari polantas dan jajaran lainnya dari Polres Lhokseumawe. Polisi menahan mereka di Simpang Empat Lampu Merah, Jalan Merdeka Timur Kota Lhokseumawe.

Saat itu petugas sempat menanyakan kenapa massa konvoi tersebut tidak mematuhi aturan berlalulintas atau tidak menggunakan helm dan juga tidak mematuhi protokol kesehatan.

Massa yang tidak menerima perlakukan Polisi tersebut berusaha agar diberikan izin untuk melintas namun petugas tetap menahan di trafick light. Para konvoi sebagian berusaha menerobos melalui jalur kiri di depan Masjid Islamic Center Kota Lhokseumawe dan sambil meneriaki Aceh Merdeka.

Polisi kemudian menghentikan sepeda motor mereka secara paksa dengan mencabut kunci serta mengamankan bendera bulan bintang yang mereka bawa. Polisi juga mengangkut sepeda motor mereka ke dalam truk untuk diamankan di Polres Lhokseumawe.

Baca Juga: Pengibaran bendera GAM di Aceh kritik bagi pemerintah

“Massa konvoi terpaksa diamankankan agar tidak mengganggu ketertiban berlalu lintas dan mereka menggelar aksi konvoi tanpa meminta izin kepada pihak keamanan,” kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, Minggu (28/3/2021).

Menurut dia, dari aksi konvoi bendera bulan bintang tersebut dua warga diamankan ke Mapolres Lhokseumawe bersama puluhan sepeda motor.

“Dua warga yang diamankan dalam aksi tersebut untuk dimintai keterangan dan pengembangan lebih lanjut,” tandasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)