Dua Rumah Warga di Cipongkor Habis Terbakar, 8 Jiwa Terpaksa Mengungsi

Sabtu, 27 Maret 2021 - 20:03 WIB
loading...
Dua Rumah Warga di Cipongkor Habis Terbakar, 8 Jiwa Terpaksa Mengungsi
Rumah milik keluarga Yusron dan Ruslan di Kampung Pasir Koneng RT 01/03, Desa Cintaasih, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang habis terbakar dan rata dengan tanah, Sabtu (27/3/2021). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Kebakaran hebat menghanguskan dua rumah warga yang berada di Kampung Pasir Koneng RT 01/03, Desa Cintaasih, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (27/3/2021).

Dua rumah warga yang menjadi korban adalah milik keluarga Yusron (3 jiwa) dan Ruslan (5 jiwa). Kedua rumah semi permanen yang berdempetan tersebut kondisinya habis terbakar dan rata dengan tanah. "Kedua r umah habis terbakar dengan prrabotannya, tapi tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Hanya kerugian materi saja," kata Kepala Desa Cintaasih, Deden Iban Saiban saat dikonfirmasi.

Menurutnya kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Penyebabnya karena salah seorang pemilik rumah lupa mematikan api di dalam tungku setelah selesai memasak. Api diduga membesar dan merembet ke barang-barang di sekitarnya yang mudah terbakar.

Pihaknya bersama unsur babinsa, bhabinkamtibmas, dan relawan Baguna berupaya untuk memadamkan api. Namun api lebih cepat membakar rumah sehingga tidak ada barang-barang di dalam rumah yang sempat diselamatkan. "Kalau untuk total kerugian materi akibat kebakaran itu mencapai Rp170 juta. Terdiri dari rumah milik Yusron Rp90 juta dan Ruslan Rp80 juta," sebutnya.

Sementara relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kecamatan Cipongkor, Asep Mulyadi (35) menyebutkan, proses pemadaman api tidak maksimal karena hanya dilakukan secara manual. Lokasi kejadian yang terpencil dan jauhnya pos pemadam, membuat petugas pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau ke lokasi.

"Kalau kebakaran di wilayah selatan KBB, jarang pemadam yang datang karena jaraknya jauh. Kalaupun datang rumah yang terbakar sudah habis. Kaya di sini, rumah kedua warga habis terbakar sehingga para penghuninya harus diungsikan ke rumah kerabatnya untuk sementara waktu," terangnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)