Tim Satgas Pangan Pantau Harga Jelang Ramadhan, Spekulan Bakal Ditindak

Sabtu, 27 Maret 2021 - 13:44 WIB
loading...
Tim Satgas Pangan Pantau Harga Jelang Ramadhan, Spekulan Bakal Ditindak
Ketersediaan sembako dan kebutuhan pokok lainnya menjelang Ramadhan di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Cimahi masih aman dan tidak ada kenaikan signifikan. Foto/Dok.MPI
A A A
CIMAHI - Menjelang Ramadhan, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Cimahi akan melakukan pengawasan kebutuhan bahan pokok masyarakat di sejumlah pasar. Hal itu sebagai antisipasi munculnya para spekulan yang menimbun barang dan mempermainkan harga untuk mendapatkan keuntungan tinggi.

"Menyongsong bulan puasa, kami akan melakukan penindakan hukum terhadap spekulan atau kartel yang menyebabkan terjadinya kelangkaan bahan pangan dan kenaikan harga yang tidak rasional," kata Kasatreskrim Polres Cimahi AKP Yohannes Redhoi Sigiro, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: Dusun Terisolir di Karawang Tiba-tiba Dikunjungi Jenderal Mabes AD, Ada Apa?

Larangan menimbun sembako atau barang yang penting diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Pasal 107 menyatakan bagi pelaku usaha yang menyimpan barang kebutuhan pokok atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga, atau hambatan lalu lintas perdagangan barang, maka akan diancam hukuman pidana.

Berdasarkan amatannya, kurang dari sebulan menjelang ramadan Satgas Pangan Polres Cimahi memastikan jika ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional masih aman. Untuk itu masyarakat diimbau tidak perlu khawatir atau memborong barang dalam jumlah banyak untuk stok di rumah.

Baca juga: Anak Durhaka di Tulungagung, Diminta Istirahat, Orang Tua Malah Dihajar

"Masyarakat tidak perlu panic buying karena ketersediaan barang pokok di pasar-pasar masih aman," kata dia.

Secara rutin, lanjut Yohannes, pihaknya melakukan pengecekan ke lapangan untuk memantau kondisi harga kebutuhan pokok masyarakat. Sejumlah harga sembako juga masih stabil. Misalnya beras, jagung, cabai rawit, dan lainnya, dibandingkan setiap harinya. Pantauan harga dilakukan setiap hari.

"Seperti beberapa waktu lalu harga cabai sempat naik, tapi sekarang sudah berangsur turun. Jadi naik turunnya harga dan ketersediaan pangan selalu dalam pemantauan," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)