Kebakaran dan Kepulan Asap dan di Kilang Pertamina Balikpapan Berlangsung 25 Menit

Jum'at, 26 Maret 2021 - 15:09 WIB
loading...
Kebakaran dan Kepulan Asap dan di Kilang Pertamina Balikpapan Berlangsung 25 Menit
Kebakaran terjadi di area kilang Pertamina RU V Balikpapan, Kaltim, Jumat (26/3/2021) sekitar pukul 08.42 Wita. Api diduga berasal dari area cooler box. Foto/SINDOnews/Mukmin Azis
A A A
BALIKPAPAN - Musibah kebakaran yang menimpa kilang Pertamina RU V Balikpapan, Kalimantan Timur berhasil dipadamkan dalam waktu 25 menit dengan menggunakanempat armada trailer foam.

Diketahui Kebakaran terjadi di area kilang Pertamina RU V Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (26/3/2021) sekitar pukul 08.42 Wita. Kebakaran yang menyebabkan kepulan asap hitam tersebut membuat sejumlah pekerja proyek RDMP Pertamina dievakuasi keluar area kilang. Percikan api terjadi di area cooler box (bak pendingin air) Kilang RU V Balikpapan.

Baca juga: Kebakaran Area Kilang Pertamina, Api Diduga Berasal dari Bak Pendingin Air

Sejumlah pekerja RDMP dievakuasi ke muster point yang berada di dekat Pintu 5 Pertamina. "Kebakaran di tengah posisinya. Infonya ada tangki yang terbakar," ujar salah seorang pekerja Proyek RDMP Pertamina RU V Balikpapan.

Baca juga: Waspada! Beredar Hoax Pengadaan Lahan untuk Kilang Pertamina di Tuban

Kebakaran dan Kepulan Asap dan di Kilang Pertamina Balikpapan Berlangsung 25 Menit


Area Manager Communication, Relation dan CSR Pertamina RU V Balikpapan Ely Chandra Perangin Angin mengungkapkan, percikan tersebut berhasil dipadamkan sekitar 25 menit kemudian dengan menggunakan empat armada trailer foam.

Dirinya menegaskan, Pertamina RU V Balikpapan memastikan operasi kilang tidak terganggu dengan kejadian percikan api tersebut.

"Kejadian percikan api tersebut terjadi di lokasi yang tidak terkait langsung dengan proses produksi kilang, sehingga operasional tidak ada yang terhenti," jelas Chandra.

Dia menambahkan, saat ini kobaran api sudah dapat dipadamkan dan tengah dilakukan proses pendinginan. "Pemadaman telah selesai dilakukan, dan saat ini sedang dalam proses pendinginan di lokasi kebakaran," jelasnya.

Dia juga menyampaikan, tim dari Pertamina RU V Balikpapan sedang melakukan investigasi untuk memastikan penyebab terjadinya percikan api. "Tim Pertamina RU V juga melakukan monitoring di lingkungan sekitar kilang, dan kami berterima kasih akitivitas masyarakat tetap waspada namun aktivitas masyarakat berjalan normal," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)