Pertahankan Predikat Kota Tertoleran, Pemkot Salatiga Perkuat Silaturahim

Selasa, 16 Maret 2021 - 11:46 WIB
loading...
Pertahankan Predikat Kota Tertoleran, Pemkot Salatiga Perkuat Silaturahim
Wali Kota Salatiga Yuliyanto bersama Wakil Wali Kota Muh Haris memberikan potongan tumpeng saat tasyakuran prestasi Salatiga sebagai kota paling toleran se Indonesia. Foto/Ist
A A A
SALATIGA - Pemkot Salatiga terus bekerja keras mempertahankan predikat kota tertoleran se-Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mempererat tali silaturahim dengan tokoh agama dan masyarakat.

Selain itu, Pemkot Salatiga juga mendukung program kerja dan memfasilitasi kegiatan organisasi masyarakat.

Pada tahun anggaran 2021 ini, pemkot menyiapkan anggaran senilai Rp1,5 miliar untuk memfasilitasi kegiatan organisasi masyarakat (ormas).

Kepala Badan Kesbangpol Kota Salatiga Joko Haryono mengatakan, predikat kota tertoleran tak lepas dari dukungan serta peran serta semua pihak.

Maka dari itu, dalam upaya mempertahankan Salatiga sebagai kota tertoleran akan melakukan terobosan guna meningkatkan kerukunan dan toleransi di tengah masyarakat.

"Kami terus melakukan sosialisasi kerukunan umat beragama dan mempererat tali silaturahmi dengan tokoh agama. Kami juga menyiapkan anggaran Rp1,5 miliar untuk memfasilitasi kegiatan 16 ormas yang terdaftar di Badan Kesbangpol Salatiga," katanya, Selasa (16/3/2021).

Joko mengimbau kepada semua ormas, tokoh agama dan masyarakat untuk mendukung upaya mempertahankan predikat Salatiga sebagai kota tertoleran.

Dia berharap dalam setiap kegiatan yang dilakukan ormas, juga dilakukan sosialisasi dan edukasi untuk memperkuat kerukunan serta toleransi.

"Kami juga membuat agenda untuk memperkuat kerukunan dan toleransi. Diharapkan masyarakat dan ormas juga berperan aktif seperti mendukung pelaksanaan perayaan hari besar keagamaan, kegiatan yang melibatkan semua warga dari berbagai pemeluk agama," ujarnya.

Di samping itu, kata Joko, dalam upaya menjaga kerukunan dan toleransi, Badan Kesbangpol telah membentuk kampung wawasan kebangsaan dan membuat agenda rutin kemah kebangsaan lintas agama serta menggencarkan sosialisasi kerukunan umat beragama. "Kami juga akan membangun kawasan wisata religi," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3926 seconds (0.1#10.140)