Pandemi COVID-19, Umat Hindu Lereng Bromo Khusyuk Panjatkan Doa di Hari Raya Nyepi

Sabtu, 13 Maret 2021 - 10:03 WIB
loading...
Pandemi COVID-19, Umat Hindu Lereng Bromo Khusyuk Panjatkan Doa di Hari Raya Nyepi
Umat Hindu di lereng Gunung Bromo, merayakan Nyepi di tengah pandemi COVID-19. Foto/iNews TV/Hana Purwadi
A A A
PROBOLINGGO - Perayaan Nyepi tahun saka 1943, dirayakan umat Hindu di lereng Gunung Bromo , dengan penuh kekhusyukan. Warga di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, melaksanakan perayaan tahun saka 1943, pada Minggu (14/3/2021).



Pelaksanaan rangkaian perayaan Nyepi yang bertepatan dengan pandemi COVID-19 , membuat upacara pengambilan air suci atau Melasti, serta upacara Tawur Agung (Ogoh-ogoh) digelar tidak melibatkan umat dan hanya dilakukan oleh orang tertentu atau pemangku.



Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto menjelaskan, Nyepi kali ini merupakan tahun yang kedua disuasana pandemi COVID-19. Namun, umat Hidu tetap menjalankan ibadah Nyepi dengan penuh kekhusyukan.



Protokol kesehatan, selalu mereka terapkan saat menggelar rangkaian upacara Nyepi . Seperti pelaksanaan pengambilan air suci di Goa Widodaren Gunung Bromo, atau Melasti, serta upacara tawur kesanga (Ogoh-ogoh) yang dipusatkan di jurang Pendil, dilaksanakan oleh pemangku saja dan hanya sebagian kecil umat Hindu. "Dimasa pandemi COVID-19, pelaksanaan upacara peribadatan tidak melibatkan umat, hanya pemangku saja," tutur Bambang. Sabtu (13/3/2021).



Sedangkan pelaksanaan Catur Brata , tambah Bambang, diikuti semua umat Hindu di lereng Bromo, dan Kabupaten Probolinggo, karena Catur Brata ini sudah sesuai dengan protokol kesehatan yaitu berdiam diri dan tidak keluar rumah. " Catur Brata pada intinya berdiam diri tidak keluar rumah, dan persembayangan ini sesuai dengan protokol kesehatan," tambahnya.



Dalam perayaan Nyepi kali ini, umat Hindu juga menggelar Doa Khusus disaat pelaksanaan penyucian Buana Agung, dan Buana alit agar pandemi COVID-19 segera sirna di alam. "Umat Hindu akan menggelar doa khusus saat penyucian Buana Agung dan Buana Alit, agar pandemi COVID-19 segera berakhir," tutupnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 4.2036 seconds (0.1#10.140)