Makam Keramat Punden Nyai Ronggeng Beraroma Mistis, Jarang Sepi dari Sesaji

Minggu, 14 Maret 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Bulu kuduk terasa merinding, seolah pertandaroh penari ayu itu menyambut kedatangan penulis. Belum lagi hamparan sawah yang dulunya lokasi makam itu dikelilingi perkebunan menambah seramnya wilayah makam wanita malang nan cantik itu.

Kisah mistis pun cukup seringdialami warga sekitar.Irin (67), salah seorang petani tidak jauh dari lokasi, menceritakan beberapa kisah kekeramatan yang dialaminya di sekitar kuburan keramat Nyai Punden Ronggeng.

Konon katanya, mereka justru tidak merasa heran, jika ada hal- hal peristiwa yang aneh di luar nalar pikiran yang terjadi dilokasi makam. Karena peristiwa tersebut sudah terbiasa sejak dari orang- orang terdahulu di sana, pernah mengalaminya.

"Cerita mistis sudah biasa kamialami, sejak dari orang-orang tua disini. Pokoknya banyak kejadian aneh-aneh di sini,tak boleh takabur," kata Irin memulai ceritanya seraya berhenti sejenak menyemprot hama tanamannya, baru-baru ini.

Menurutnya, kekeramatan makam Nyai Punden Ronggeng sudah cukup terkenal di daerah mereka. Untuk petani di sana tidak mau gegabah jika ada peristiwa aneh yang mereka alami.

Sebab, mereka terbiasa mengalaminya, seperti peristiwa yang kerap terjadi tiba-tiba pada pukul 11.00 WIB, muncul aroma wangi khas masakandari arah makam.

Seketika itu pula, petani sudah mengerti pertanda mereka memilih beristrahat sejenak. Karena diyakini sedang berlangsung hajatan besar dari makhluk kasat mata di makam Nyai Punden Ronggeng.

"Kalau sudah ada aroma wangi masakan itu, kami istrahat kerja. Kalau dicaripun siapa yang memasak yang mengeluarkan aroma itu tidak akan ketemu. Karena warga lain tidak ada di sini. Kami yakin dari sana," ungkap Irin.

Mereka juga memiliki aturan, tidak mau membunuh binatang seperti burung dan ular di daerah itu.
Walaupun mereka menjumpaiular yang berukuran besar, warga yang bertani disana memilih membiarkannya, hingga pergi begitu saja.

Irin mengatakan, sejak dirinya masih kecil sudah biasa mendengar cerita gaib yang terjadi dilokasi pemakaman Nyai Punden Ronggeng. Sebelum Kampung Kolam seramai yang sekarang,pada pukul 00.00 WIB dini hari,
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0632 seconds (0.1#10.140)