Tahun Ini, Unpad dan Pemprov Jabar Bangun Rumah Sakit Pendidikan di Jatinangor

Kamis, 11 Maret 2021 - 14:43 WIB
loading...
Tahun Ini, Unpad dan Pemprov Jabar Bangun Rumah Sakit Pendidikan di Jatinangor
Gubernur Jabar Ridwan Kamil beserta Rektor Unpad Rina Indiastuti. Foto istimewa
A A A
BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) tahun ini mulai membangun rumah sakit pendidikan (RSP) di Jatinangor, Sumedang. Sebelum menjadi RSP, layanan pertama akan menjadi rumah sakit umum.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Pendidikan ini merupakan salah satu upaya Unpad dalam membangun Jawa Barat melalui bidang kesehatan. “Kami ingin ikut membangun Jawa Barat lewat bidang kesehatan,” ujar Rektor dalam keterangan resminya, Kamis (11/3/2021).

Diungkapkan Rektor, pembangunan Rumah Sakit Pendidikan direncanakan dilakukan dalam dua tahap. Dimulai pembangunan Tahap I pada 2021-2023 untuk beroperasi menjadi Rumah Sakit Umum (transisi ke Rumah Sakit Pendidikan).

Kemudian pembangunan Tahap 2 pada 2024-2027 untuk beroperasi menjadi Rumah Sakit Pendidikan. “Berarti Rumah Sakit Pendidikan itu adalah setelah tahap 2 selesai,” ujar dia.

Untuk pembangunan Tahap I, diusulkan pendanaan kemitraan dengan Jawa Barat. Tahap 2, sumber dana diusulkan dengan KPBU atau mix funding. Direncanakan, Rumah Sakit Pendidikan akan dibangun di kawasan kampus Unpad Jatinangor, dekat dengan jalan provinsi dan akses tol. Lokasi yang telah disiapkan untuk pembangunan Rumah Sakit ini seluas 41.868 meter persegi.

Rumah Sakit yang akan dibangun merupakan Tipe A dengan kapasitas 900 tempat tidur. Rumah sakit ini direncanakan memiliki 18 layanan spesialistik dan 12 sub spesialistik.

Rumah sakit ini juga akan memiliki layanan unggulan terkait infeksi dan onkologi.
Ditekankan Rektor, selain pelayanan pada masyarakat, rumah sakit ini juga berfokus pada kegiatan pendidikan dan penelitian.

Nantinya, Rumah Sakit Pendidikan ini memiliki fungsi menjadi rumah sakit rujukan layanan tersier bersama dengan RS Hasan Sadikin, sebagai pusat pendidikan dan pelatihan tenaga kesehatan di Jawa Barat, serta menjadi pusat penelitian kesehatan di Jawa Barat.

“Kami juga menerapkan Academic Health System. Maka dengan jejaring yang luas di Jawa Barat, Insyaallah benefitnya akan dinikmati oleh jejaring Puskesmas yang ada di wilayah Jawa Barat,” ujar Rektor.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengupayakan peniningkatan pembangunan layanan kesehatan, terutama rumah sakit dan Puskesmas. Menurutnya, Jawa Barat setidaknya membutuhkan sekitar 25 rumah sakit.

Untuk itu, pihaknya juga telah bermitra dengan berbagai pihak untuk mewujudkan hal tersebut. Diharapkan proses pembangunan Rumah Sakit Pendidikan ini juga dapat dipercepat. “Saya akan sangat bangga kalau dalam 2 tahun bisa beres,” ujar Ridwan Kamil.

Mantan Wali Kota Bandung ini berharap, Rumah Sakit Pendidikan dibangun dengan mengutamakan kenyamanan pasien dan keluarga pasien. Untuk itu perlu juga disiapkan pembangunan penginapan bagi keluarga pasien.

Selain itu, Ridwan Kamil mengusulkan di rumah sakit ini akan dibangun pusat studi pandemi Covid-19 untuk menjadi sumber ilmu mengenai pandemi tersebut. “Tempat itulah sumber ilmunya,” ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5498 seconds (0.1#10.140)