Antonov AN 124-100 Pesawat Kargo Terbesar Kedua di Dunia Mendarat Perdana di Bandara YIA

Rabu, 10 Maret 2021 - 16:45 WIB
loading...
Antonov AN 124-100 Pesawat Kargo Terbesar Kedua di Dunia Mendarat Perdana di Bandara YIA
Pesawat terbesar kedua dunia Antonov AN 124-100 melakukan pendarat perdana di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Rabu siang (10/3/2021). Foto iNews TV/Budi U
A A A
KULONPROGO - Pesawat terbesar kedua dunia Antonov AN 124-100 melakukan pendarat perdana di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Rabu siang (10/3/2021) dengan mulus. Pesawat kargo buatan Rusia ini datang untuk keperluan ekspor barang dari Indonesia menuju LCK Columbus, Amerika Serikat.

Rencananya sebanyak 125 ton barang jenis cable suku cadang kelistrikan dari Indonesia ini akan dikirim dengan pesawat Antonov AN 124-seri 100.

Pesawat berbadan lebar buatan Rusia dengan kapasitas muatan 150 ton ini memiliki ruang kargo paling besar kedua di dunia sehingga dapat mengangkut barang-barang yang berukuran besar seperti lokomotif, kapal pesiar, turbin hidrolik bahkan pengiriman beberapa pesawat tempur.

“Hari ini kita menyaksikan pendaratan perdana pesawat jenis Antonov AN 124-seri 100. Pesawat ini merupakan buatan Rusia dan merupakan pesawat kargo yang cukup besar. Hari ini mendarat dan akan melakukan ekspor. Handling perdana ekspor barang cargo dari Bandara Internasional Yogyakarta ke LCK Columbus Amerika Serikat sebanyak 62 ton barang jenis kabel. Ini kesempatan Bandara Internasional Yogyakarta menerima pesawat besar ini. Hari ini merupakan momentum bagi Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) karena secara prinsip mampu didarati pesawat besar jenis Antonov,” kata Pelaksana Tugas Sementara General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Agus Pandu Purnama di Kulonprogo.
Antonov AN 124-100 Pesawat Kargo Terbesar Kedua di Dunia Mendarat Perdana di Bandara YIA

Bandara Internasional Yogyakarta, kata dia, memiliki dua kargo yakni kargo internasional dan kargo domestik.

“Kargo domestik sendiri sudah berjalan meski masa pandemi COVID-19 grafiknya terus naik per hari rata-rata mengangkut 32,5 ton. Untuk internasional pada Februari sekitar 32 ton,” timpalnya.



Kebetulan, kata dia, di kargo internasional sudah melakukan kegiatan impor. “Kemarin dua kali mendatangkan pesawat dari Air Niugini membawa vanili ke Indonesia. Kemudian dari Indonesia diekspor kembali,” ungkapnya.

Ekspor melalui Bandara Internasional Yogyakarta sudah dilaksanakan ada komoditas ekspor dikirim ke Jepang, Korea Selatan, Amerika dan Australia termasuk Taiwan dan Hong Kong.

“AP I sudah melakukan clearance bea cukainya artinya komoditas ekspor di DIY ini sangat banyak khususnya komoditas pertanian. Di samping itu dari komoditas ekonomi kreatif optimistis bahwa Bandara Internasional Yogyakarta dijadikan tempat melakukan ekspor dari DIY dan sekitarnya,” kata dia.

Baca juga: Resmikan Bandara Baru Yogyakarta, Jokowi Sebut YIA Terbaik di Indonesia


Kargo Bandara Internasional Yogyakarta cukup mumpuni. Kargo internasional Bandara Internasional Yogyakarta bisa melayani ekspor 250 ton per hari.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)