Sandiaga Yakini Perluasan Bandara Sam Ratulangi Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi Sulut

Jum'at, 05 Maret 2021 - 10:28 WIB
loading...
Sandiaga Yakini Perluasan Bandara Sam Ratulangi Jadi Momentum Kebangkitan Ekonomi Sulut
Menparekraf Sandiaga Uno meninjau kesiapan dari proyek perluasan infrastruktur Bandara Sam Ratulangi yang sudah mencapai 80%, Jumat (5/3/2021). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meninjau kesiapan dari proyek perluasan infrastruktur Bandara Sam Ratulangi yang sudah mencapai 80%, Jumat (5/3/2021). Melalui perluasan itu, kapasitas bandara ditingkatkan hampir 3 kali lipat menuju 5,7 juta penumpang.

"Kita harapkan seiring dengan diatasinya pandemi Covid-19, dengan angka penularan yang terus kita tekan, kepatuhan disiplin, testing tracing, treatment, dan vaksinasi, Bandara ini mudah-mudahan dapat menjadi awal kebangkitan ekonomi Sulawesi Utara dan pariwisata Indonesia," ujar Sandiaga Uno.



Dia mengatakan, Kemenparekraf ingin menebar harapan, ingin memotivasi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang selama ini terpuruk, terdampak sehingga membuat masyarakat sedih dan prihatin.

"Dengan bandara ini kita ingin menunjukkan tonggak atau milestones bahwa pembangunan infrastruktur ini akan membangkitkan kembali. Kita bersama-sama akan upayakan agar tepat waktu, tepat manfaat, dan tepat sasaran. On time, on track dan on budget," tutur Sandiaga Uno.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan berjanji akan all out agar Sulawesi Utara yang menjadi salah satu dari sejumlah destinasi pariwisata prioritas yang ditetapkan pemerintah dapat segera bangkit. Kemenparekraf, tegas Sandiaga, akan bekerja dengan 3G yakni Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber), dan Garap Semua Potensi Untuk Bangkit (Gaspol).

Nantinya, kata Sandiaga Uno, di Bandara Sam Ratulangi akan dibuat Creative Hub yang menjadi etalase UMKM terbaik untuk memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha berinovasi. Produk- produk terbaik yang di kurasi tersebut bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi.

"Bupati minta ada Kulintang yang sebentar lagi akan diakui UNESCO juga, produk-produk UMKM lainnya. Nanti ada dua panggung, dan area UMKM. Jadi nanti seperti di airport di Bali, dimana setiap penumpang yang tiba dan berangkat akan dapat melihat karya-karya terbaik Sulawesi Utara. Kita akan on boarding digitalisasi juga tidak hanya di showroom saja tapi juga masuk ke market place dengan QR Code," tutur Sandiaga Uno.



Dia menambahkan, tahun ini karena adanya realokasi penanganan Covid-19, Kemenparekraf akan mengupayakan agar anggaran dapat tetap dilaksanakan, khususnya agar destinasi prioritas pariwisata bisa tepat waktu sesuai arahan Presiden Joko Widodo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)