Terapkan Prokes Ketat, Event Pariwisata Jabar 2021 Usung Konsep Virtual

Kamis, 04 Maret 2021 - 17:11 WIB
loading...
Terapkan Prokes Ketat, Event Pariwisata Jabar 2021 Usung Konsep Virtual
Sejumlah penari meramaikan event Bogor Street Festival Cap Go Meh 2020 di sepanjang Jalan Suryakencana, Kota Bogor. Foto/Dok.Disparbud Jabar
A A A
BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ( Disparbud ) Jawa Barat memastikan, event pariwisata yang masuk dalam West Java Calendar of Event 2021 menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik menyatakan, prokes ketat menjadi hal utama dalam dalam West Java Calendar of Event 2021 yang fokus pada pariwisata berbasis alam dan kebudayaan.

Menurutnya, seluruh event dalam West Java Calendar of Event 2021 sudah dikurasi oleh banyak pihak, termasuk tim ahli. Dari sekitar 342 agenda yang masuk, hanya 50 event yang dianggap memenuhi kriteria.

Baca juga: Wanita Cantik yang Videonya Viral Pamer Plat Nomor TNI di Tik Tok, Ditangkap POM TNI

Kriteria yang dimaksud, yakni selain unik, komersial, kreatif, dan memiliki nilai budaya, tim ahli juga menilai komitmen kepala daerah. Pasalnya, pengajuan event tersebut datang dari pemerintah kabupaten/kota.

Sehingga, kata Dedi, pemerintah kabupaten/kota pun harus siap dengan segala konsekuensinya, mulai penyelenggaraan, promosi, termasuk penerapan prokes.

"Kurasi ini menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19. Jadi, mau tidak mau harus ada penyesuaian dari sisi kriteria karena selain upaya pertumbuhan ekonomi, isu kesehatan juga tetap penting," tegas Dedi di Bandung, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Tak Kuat Menahan Hasrat, Calon Pengantin di Majalengka Cabuli 4 Anak

Dedi melanjutkan, setelah melalui kursi, terdapat 50 event pariwisata skala Jabar dan 10 event pariwisata berskala nasional. Ke-50 event skala Jabar, di antaranya Bandung Design Bienalle (Kota Bandung), Sapta Wara Wayang Kulit (Kabupaten Cirebon), Festival Waduk Darma (Kabupaten Kuningan), Situ Gede Art Festival (Kota Tasikmalaya).

Sedangkan event skala nasional, di antaranya Asia Afrika Festival (Kota Bandung), Ceramic Musik Festival (Kabupaten Majalengka), Festival Tari Topeng (Kota Cirebon), dan Seren taun Ciptagelar (Kabupaten Sukabumi).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)