Gasak Uang Nasabah Bank Ratusan Juta Rupiah, 2 Perampok Ditangkap Polisi

Rabu, 03 Maret 2021 - 09:11 WIB
loading...
Gasak Uang Nasabah Bank Ratusan Juta Rupiah, 2 Perampok Ditangkap Polisi
Pelaku bersama tim Buser Naga Polres Pangkalpinang, usai pelaku ditangkap dan barang bukti. Foto/Haryanto
A A A
PANGKALPINANG - Tim Buser Naga Polres Pangkalpinang, meringkus dua pria spesialis rampok nasabah bank yang kerap meresahkan warga di Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Dari aksinya, pelaku berhasil menggasak uang korban hingga ratusan juta rupiah.

Aksi kedua pelaku terendus, setelah polisi mendapat laporan korban yang kehilangan uang usai mengambil uang di bank.

Di bawah komando Kasatreskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra, ia membagi dua tim Nagabuntuk melacak keberadaan pelaku yang diketahui baru saja tiba di Pangkalpinang sehari sebelum beraksi.

Benar saja, pelaku sempat terekam CCTV saat membututi korbannya. Namun pelaku yang cukup licin, baru berhasil disergap Selasa sore kemarin, setelah dilakukan pengintaian sejak dini hari.

Kedua pelaku masing-masing Alex Chandra (28) dan Ari Sanjaya (31). Mereka berasal dari Palembang, Sumsel. Komplotan ini disergap di pinggir jalan ketika hendak akan beraksi. Polisi lalu menggiring mereka ke kontrakannya dan ditemukan sejumlah barang bukti.

Palaku kemudian diminta untuk menunjukkan barang bukti lain yang sempat dibuang pelaku ke sungai. Namun disitu dua pelaku kompak melawan polisi, hingga terpaksa dilumpuhkan dengan tembakan di kaki keduanya.

Usai dirawat di rumah sakit, para pelaku dibawa ke Mapolres Pangkalpinang guna proses penyidikan. Dari pengakuan keduanya mereka tiga kali berhasil merampok uang nasabah bank di lokasi berbeda di Pangkalpinang.

Aksi pertama pelaku pada tanggal 10 September 2020 berhasil menggondol uang Rp115 juta. Selanjutnya 8 Januari 2021 mendapatkan Rp 168 juta dan 8 Februari 2021 memperoleh Rp45.150.000.

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra, mengatakan aksi-aksi itu dilakukan pelaku dengan modus membuntuti korban mulai dari dalam bank. Pelaku lebih dulu masuk ke bank dengan berpura-pura menukar uang berbagai pecahan.

"Setelah itu sekira telah mendapatkan calon korban, kedua pelaku mengikutinya untuk mencari celah calon korbannya lengah," kata Adi Putra, Rabu (3/3/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3660 seconds (0.1#10.140)