Gubernur Khofifah Sebut Gus Ipul Top Mentor Kepala Daerah di Jatim

Sabtu, 27 Februari 2021 - 07:28 WIB
loading...
Gubernur Khofifah Sebut Gus Ipul Top Mentor Kepala Daerah di Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melantik Saifullah Yusuf sebagai Wali Kota Pasuruan di Gedung Negara Grahadi. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Saifullah Yusuf resmi menjabat Wali Kota Pasuruan masa bakti 2021-2024, setelah dilantik Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat (26/2/2021).

Gus Ipul, panggilan karib Saifullah Yusuf dilantik bersama Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo. Selain Gus Ipul dan Adi Wibowo, gubernur secara serentak juga melantik pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Blitar, Bupati-Wakil Bupati Jember, Bupati-Wakil Bupati Malang, Bupati-Wakil Bupati Blitar dan Bupati-Wakil Bupati Mojokerto.

Dalam kesempatan ini, Khofifah menyebut Gus Ipul merupakan top mentor bagi bupati dan wali kota di Jatim. Alasannya, pengalaman dan perjuangan mantan Ketua Umum PP GP Ansor itu sangat banyak, terutama untuk urusan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). "Salah satu yang baru saja dilantik ini adalah top mentor untuk bupati dan wali kota," kata Khofifah disambut tawa sejumlah kepala daerah.

Sebutan Khofifah untuk Gus Ipul ini bermula dari penjelasan Khofifah tentang pentingnya pengembangan pariwisata di Jatim. Saat itu Khofifah berpesan agar bupati dan wali kota maksimal mengembangkan potensi pariwisata daerah, dengan menggerakkan seluruh sumber daya, terutama UMKM.

"Sesungguhnya yang lebih detail adalah Gus Ipul. Lihat saja, ininya (tanda kehormatan) lebih banyak dari saja. Itu artinya perjuangannya lebih banyak," kata Khofifah sambil memegang tanda kehormatan yang menempel di dadanya.

Sementara itu, usai pelantikan di hadapan awak media Gus Ipul mengaku siap melaksanakan perintah Gubernur Khofifah. Termasuk mencintai produk-produk lokal. “Saya siap menjadi anak buah Gubernur Khofifah. Sejak dulu penting, sekarang juga penting untuk lebih penting mencintai produk-produk lokal,” ucapnya.

Menurut Gus Ipul, saat ini kepala daerah memiliki tantangan besar. Selain harus mampu menangani COVID-19, kepala daerah juga harus memulihkan ekonomi masyarakatnya. "Karena itu kita semua dituntut bekerja keras. Sekali lagi mohon doanya," katanya.

Diketahui, sebanyak 17 kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 hari ini menjalani pelantikan di Gedung Negara Grahadi. Prosesi pelantikan dipimpin langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)