Jangan Takut Salah, Ini Tips Supaya Mahir Bahasa Inggris dari Jesicca Tanoesoedibjo

Jum'at, 26 Februari 2021 - 06:37 WIB
loading...
Jangan Takut Salah, Ini Tips Supaya Mahir Bahasa Inggris dari Jesicca Tanoesoedibjo
Director of MNC Kapital Jesicca Tanoesoedibjo saat menjadi pembicara dalam webinar bertema Menguasai Bahasa Inggris di Era Digitalisasi yang digelar MNC Portal Indonesia bersama Cambridge Assesment English dan Cambridge University Press, Kamis (25/2/2021
A A A
JAKARTA - Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa pengantar dan pergaulan di masyarakat, termasuk di Indonesia. Banyak sekolah yang sudah menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari walaupun bukan sekolah internasional.

Kondisi itu menuntut setiap anak untuk beradaptasi dan mempelajari bahasa internasional ini. Seperti disampaikan Director of MNC Kapital, Jesicca Tanoesoedibjo saat menjadi pembicara dalam webinar bertema 'Menguasai Bahasa Inggris di Era Digitalisasi', belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

"Sedari kecil suka membaca, literasi sastra, dan lainnya. Ada keindahan dalam bahasa yang saya pelajari, termasuk bahasa Inggris," ucapnya dalam acara yang digelar MNC Portal Indonesia bersama Cambridge Assesment English dan Cambridge University Press, Kamis (25/2/2021).

Selain itu dirinya juga sering membaca, menonton film berbahasa Inggris dan mendengar lagu Inggris untuk melatih kemampuan mendengar dan dialek bicara.

Termasuk memiliki catatan vocabulary sendiri ketika ada hal-hal yang baru diketahui untuk dicatat dan diingat. Hal itu diperkuat dengan praktek di lingkungan untuk berkomunikasi.

Baca juga: Sandiaga Uno Beri Kuliah Umum di Wisuda Virtual Unjani

"Itu saya lakukan untuk lebih memperkuat kemampuan berkomunikasi khususnya ketika bicara formal yang relatif berbeda dengan bahasa Inggris sehari-hari. Intinya jangan takut salah atau malu speaking english, karena kalaupun salah kultur orang Indonesia adalah pemaaf dan bisa memaklumi," tuturnya.

Country Manager Indonesia of Cambridge University Press, Yusuf Seto bisa memahami ketika ada rasa sungkan atau malu untuk berkomunikasi bahasa Inggris karena takut salah. Itu adalah hal yang wajar, tapi tetap harus berani dan jangan takut salah untuk bisa meraih hal yang benar.

Baca juga: Pulihkan Ekonomi, Jabar Teken Kerja Sama dengan Penerbangan Kargo di Bandara Kertajati

"Untuk awal-awal bisa disiasati dengan membentuk zona (komunitas) kecil untuk saling bicara Inggris. Berikutnya berkembang ketika sudah muncul percaya diri tinggi. Namun yang pasti aksen dan gramer harus tetap dipelajari di lembaga yang sudah diakui dan kredibel," pungkasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)