Kehadiran Sebuah Brand di Ranah Digital Adalah Wajib

Kamis, 25 Februari 2021 - 16:03 WIB
loading...
Kehadiran Sebuah Brand di Ranah Digital Adalah Wajib
Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi digital dalam beberapa tahun terakhir telah membawa perubahan besar dalam aktivitas public relations (PR). Perubahan itu dipicu oleh pergeseran media masa dari cetak ke digital, yang membuat distribusinya semakin cepat. Di sisi lain, ada media sosial yang membuat saluran distribusi semakin pintas menjangkau masyarakat melalui beranda media sosial.

Perubahan tersebut harus dicermati oleh perusahaan dan brand dalam melakukan aktivitas PR. Pola komunikasi konvensional seperti menciptakan citra positif melalui media offline memang tetap dilakukan. Namun PR juga dituntut untuk dapat menguasai sarana media digital, mesin pencari, serta media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin dan Youtube, yang saat ini telah semakin banyak digunakan masyarakat. ( Baca juga:Vaksin Gotong Royong, Erick Ingatkan Swasta Wajib Beli di BUMN )

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan yang mendedikasikan pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, mengatakan digitalisasi saat ini benar-benar telah mengubah habit dan cara komunikasi. Daya jangkauan yang sangat luas dengan dukungan publikasi yang bisa dilakukan dalam sekejap telah dapat menjangkau jutaan konsumen.

“Organisasi dan perusahaan harus pintar dalam mengelola konsep komunikasi yang menarik dan bernilai bagi masyarakat dan konsumen. Hingga akhirnya mampu meningkatkan enggagement membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dan perusahaan,” kata Tri, Kamis (25/2/2021).

Selanjutnya, untuk mengakomodasi perkembangan tersebut dan memberikan apresiasi terhadap brand yang berhasil melakukan digital PR dan membangun official store, TRAS N CO Indonesia bekerja sama dengan INFOBRAND.ID menyelenggarakan Indonesia Top Digital Public Relations (PR) Award 2021 dan Top Official Store Award 2021.

Top Digital Public Relations AWARD 2021 adalah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan yang sukses dalam memanfaatkan digital public relations mereka dalam berkomunikasi, menjalin enggagement dengan masyarakat untuk menciptakan persepsi, citra positif, dan menjaga reputasi agar terjaga dengan baik.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan terpilih dengan menggunakan tiga parameter penilaian digital, yaitu digital media aspect, social enggagement aspect, dan digital mention aspect. Survei digital PR index dilakukan mulai bulan November 2020-Januari 2021 dengan total brand tersurvei lebih dari 1.000 perusahaan di 150 kategori bisnis.

Berikut brand-brand pemenang Top Digital PR Award 2021; SASA (bumbu instan, bumbu penyedap dan santan siap pakai), Blue Band (margarin), Richeese Nabati (wafer), Cap Kapal (garam dapur), Busan Auto Finance/BAF (leasing), KFC (fast food), Telkomsel (provider telekomunikasi), SHARP (mesin cuci), IRC (ban motor), TEKIRO (tools), K24 (apotek), Pigeon (produk perawatan bayi), Allianz (asuransi), Lenovo (laptop), dan Confidence (adult diapers).

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan TOP Official Store Award sebagai apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada official store yang sukses menjadi pilihan konsumen Indonesia.

Tri menjelaskan, dalam aktivitas penjualan saat ini telah dipengaruhi oleh pergeseran pasar dari offline ke online. Pandemi Covid-19 telah mempercepat perubahan kebiasaan masyarakat dalam aktivitas belanja yang akhirnya semakin memperbesar pasar online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)