Jokowi Minta PUPR Kaji Pembangunan Bendungan di Sumba Tengah

Selasa, 23 Februari 2021 - 13:02 WIB
loading...
Jokowi Minta PUPR Kaji Pembangunan Bendungan di Sumba Tengah
Presiden Joko Widodo meminta Kementerian PUPR mengkaji pembangunan bendungan di Sumba Tengah. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan peninjauan ke lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT). Presiden mendapati bahwa air masih menjadi salah satu permasalahan.



Bahkan, menurut Presiden, ketersediaan air ini memang menjadi masalah di seluruh NTT. "Memang kuncinya ada di air. Oleh sebab itu di sini tadi kita lihat sudah dibangun di 2015, 2018 sumur bor yang masuk ke sawah. Juga ada beberapa embung di sini. Embung besar juga sudah dibangun. Tapi masih jauh dari cukup, masih kurang," ungkap Jokowi melalui keterangan pers, Selasa (23/2/2021).

Dia mengatakan bahwa gubernur NTT dan bupati Sumba Tengah meminta dibuatkan satu bendungan untuk memenuhi kebutuhan air di sana.

"Tadi Pak Bupati masih minta tambahan lagi. Pak Gubernur minta dibuatkan satu bendungan untuk di Kabupaten Sumba Tengah dan sekitarnya. Saya sudah perintahkan tadi Pak Menteri PU untuk dilihat kemungkinan dibangun waduk atau bendungan. Kemudian tambahan untuk embung. Dan juga sumur bor," paparnya.



Lebih lanjut Jokowi mengatakan Kementerian pertanian akan membantu kekurangan-kekurangan alat dan mesin pertanian (alsintan). "Traktor terutama di sini sangat dibutuhkan sekali," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)