BPTJ Minta Warga Akses Informasi Moda Transportasi Saat Cuaca Ekstrem

Selasa, 23 Februari 2021 - 07:17 WIB
loading...
BPTJ Minta Warga Akses Informasi Moda Transportasi Saat Cuaca Ekstrem
Bus Transjakarta melintas di jalan yang tergenang akibat curah hujan yang deras. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Akibat bencana banjir yang terjadi beberapa hari ini, penyelenggaraan transportasi perkotaan di Jabodetabek menjadi salah satu sektor yang terdampak secara langsung. Beberapa layanan transportasi khususnya yang berbasis jalan sempat dihentikan sementara atau dilakukan pengalihan akibat terhambat banjir.

Mengingat kondisi cuaca ekstrem masih mungkin terjadi pada beberapa hari ke depan, masyarakat diharapkan lebih aktif mengakses semua informasi terkait pelayanan transportasi. Dengan demikian masyarakat akan dapat melakukan antisipasi terlebih dahulu jika terdapat gangguan penyelenggaraan transportasi, sehingga dapat mengambil keputusan lebih dini jika harus bermobilitas.

Merespons hal itu Direktur Prasarana Badan Pengelola Transpotasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Edy Nursalam menyebutkan, bahwa BPTJ telah memerintahkan semua operator penyelenggara transportasi di Jabodetabek untuk cepat tanggap menyampaikan informasi ke publik jika terjadi gangguan pelayanan akibat bencana banjir dan cuaca buruk akhir akhir ini.

Menurut Edy Nursalam transportasi publik merupakan bagian dari pelayanan publik maka wajib secara cepat diinformasikan kepada publik jika ada masalah dalam pelayanan, sekalipun disebabkan karena bencana alam.

"Untuk itu kami telah menyampaikan kepada segenap operator transportasi untuk mengindahkan hal ini," jelas Edy lewat keterangan persnya, Selasa (23/2/2021). Adapun untuk kanal-kanal informasi layanan penyedia sarana dan prasarana transportasi yang dapat diakses diantaranya adalah akun media sosial PT. KCI (@commuterline) dan akun twitter resmi layanan pelanggan PT KAI (@KAI121). Untuk MRT Jakarta masyarakat dapat mengakses melalui akun twitter @mrtjakarta dan untuk PT TransJakarta melalui @pt_transjakarta.

Untuk pengguna jalan tol, masyarakat dapat mengakses informasi melalui akun twitter resmi lalu lintas penyelenggara jalan tol yaitu @ptjasamarga. Pengguna transportasi Jabodetabek juga dapat mengakses informasi melalui akun Instagram BPTJ @bptjkemenhub. Di sisi lain Edy menambahkan bahwa pada dasarnya penyelenggaraan transportasi perkotaan di Jabodetabek tidak boleh sama sekali terhenti meski terjadi banjir. Oleh karena itu menurut Edy Nursalam BPTJ telah menerjunkan tim yang bersama dengan instansi lain saat ini tengah melalukan pemetaan wilayah yang berpotensi rawan terjadi gangguan pelayanan transportasi jika terjadi banjir, termasuk bagaimana mengkoordinasikan langkah antisipasinya.

"BPTJ hari ini telah melakukan rapat koordinasi melibatkan semua Dishub Pemprov / Pemkot / Pemkab se-Jabodetabek serta para operator transportasi. Kami sepakat untuk siap siaga mengantisipasi kemunginan dampak cuaca buruk beberapa hari ke depan terhadap transportasi, " ujar Edy.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)