Ridwan Kamil Incar Ketua Golkar Jabar, Pengurus DPD: Gak Mungkin, Kecuali Ada Simsalabim

Senin, 22 Februari 2021 - 14:55 WIB
loading...
Ridwan Kamil Incar Ketua Golkar Jabar, Pengurus DPD: Gak Mungkin, Kecuali Ada Simsalabim
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dikabarkan tengah mengincar jabatan Ketua DPD Partai Golkar Jabar. Namun, pengurus DPD Partai Golkar Jabar mengaku belum tahu. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dikabarkan tengah mengincar jabatan Ketua DPD Partai Golkar Jabar . Kabar tersebut mengemuka menyusul akan habisnya masa jabatan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jabar 2023 nanti dan masuknya nama Ridwan Kamil dalam bursa calon presiden (capres) potensial 2024 mendatang.



Namun, pengurus DPD Partai Golkar Jabar mengaku belum tahu menahu tentang kabar tersebut. Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar, Sukmin Nur Arief menegaskan, pihaknya sama sekali belum mendengar kabar tersebut. "Saya belum tahu kabar itu, belum. Belum ada kabar soal itu," ujar Sukmin, Senin (22/2/2021).



Sukmin menegaskan, jika benar Ridwan Kamil mengincar kursi Ketua DPD Partai Golkar Jabar , hal itu tidak mungkin karena Gubernur yang akrab disapa Emil itu belum memenuhi syarat berdasarkan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Golkar.

"Jika mengacu pada AD/ART, gak mungkin. AD/ART Partai Golkar menyaratkan, seorang Ketua DPD minimal mengantongi pengalaman menjadi kader selama 5 tahun dan menempati jabatan pengurus satu periode. Jadi enggak mungkin," papar Sukmin.



Meski begitu, Sukmin tidak menampik jika kabar itu bisa saja benar adanya. Menurutnya, mungkin saja Emil melobi elit partai di tingkat pusat untuk memuluskan niatnya itu. Bahkan, kata Sukmin, jika elit Golkar pusat menghendaki niat Emil bisa saja terwujud.

"Pastinya, saya dan pengurus di Jabar belum mendengar kabar itu, tapi enggak tahu yang lain. Mungkin saja kan (Emil melobi) langsung ke Jakarta. Jadi saya tegaskan, tidak mungkin beliau jadi Ketua Golkar Jabar sesuai AD/ART, kecuali ada simsalabim," ujarnya.

Diketahui, kabar Emil tengah mengincar kursi Ketua Golkar Jabar keluar dari pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin. Ujang mengaku, mendapatkan informasi bahwa Emil mengincar kursi Ketua DPD Golkar Jabar pasca masa jabatannya habis pada 2023 mendatang.

Menurut Ujang, hal tersebut diperlukan karena nama Emil kerap masuk dalam bursa capres potensial di 2024. Ketika masa jabatan Emil di Jabar habis pada 2023, maka panggung politiknya akan meredup. Karena itu, Kang Emil membutuhkan 'kendaraan' baru untuk menyongsong pesta demokrasi 2024.

"Saya dengar RK (Ridwan Kamil) , sedang berencana atau mengincar ingin jadi Ketua DPD Golkar Jabar. Itu artinya RK sudah paham dan sudah tahu apa yang akan terjadi pada dirinya. Daripada nanti gak punya jabatan, maka ambil posisi Ketua Golkar Jabar," ujar Ujang, Minggu (21/2/2021).
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)