Sandiaga Ungkap Potensi Wisata Berbasis Cerita Rakyat

Minggu, 21 Februari 2021 - 19:04 WIB
loading...
Sandiaga Ungkap Potensi Wisata Berbasis Cerita Rakyat
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pemanfaatan potensi kisah-kisah legenda atau cerita rakyat sebagai nilai tambah bagi sektor pariwisata. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pemanfaatan potensi kisah-kisah legenda atau cerita rakyat sebagai nilai tambah bagi sektor pariwisata.



Aek Sipaolak Hosa merupakan legenda perjalanan Raja Silahisabungan saat sedang melakukan perjalanan dengan istrinya yang sedang mengandung. Sang istri kehausan, lalu Raja Silahisabungan menancapkan tongkat ke batu, air pun muncul dari batu tersebut.

Sandiaga mengatakan, kisah legenda atau cerita rakyat seperti inilah yang bisa diangkat sebagai nilai tambah bagi wisatawan yang berkunjung ke spot-spot wisata.

"Kisah-kisah legenda atau cerita rakyat seperti inilah yang bisa kita angkat sebagai nilai tambah bagi wisatawan untuk mendapatkan pengalaman wista yang berbeda," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Minggu (21/2/2021).

Sandiaga mengatakan, kisah-kisah legenda atau cerita rakyat merupakan salah satu kekayaan lokal yang dimiliki setiap daerah di Indonesia. Potensi ini, kata pria yang akrab disapa Mas Menteri ini, bisa digunakan sebagai terobosan baru dalam memperkenalkan destinasi wisata.

"Wisata berbasis storytelling ini dapat menjadi terobosan baru untuk memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menciptakan lapangan kerja," ucap Sandiaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)