Opung Luhut: Air Bersih Lebih Penting Dibandingkan BBM

Jum'at, 19 Februari 2021 - 18:11 WIB
loading...
Opung Luhut: Air Bersih Lebih Penting Dibandingkan BBM
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketersediaan air bersih sangat penting bagi masyarakat. Bahkan, akses air bersih lebih penting dibandingkan dengan minyak bumi atau Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi masyarakat. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, jika BBM habis, maka pemerintah masih memiliki beberapa alternatif atau penggantinya. Sedangkan jika air bersih, hingga saat ini masih belum ditemukan penggantinya.

"Air bersih merupakan elemen dasar yang dibutuhkan manusia, yang saya nilai jauh lebih penting dari sekedar minyak bumi dan BBM. Kalau minyak bumi kita masih punya alternatif, tapi kalau air, saya rasa belum ada penggantinya," ujarnya dalam acara penandatanganan SPAM Jatiluhur I, Jumat (19/2/2021).



Oleh karena itu lanjut Menko Luhut, pembangunan fasilitas air bersih ataupun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) menjadi hal yang sangat penting. Karena bisa menjadi investasi jangka panjang di sektor kesehatan.

Apalagi hal ini dilakukan pada saat masa pandemi covid-19 seperti sekarang. Pembangunan SPAM ini penting untuk mencegah terjadinya wabah lokal dan pandemi di masa mendatang. "Pandemi COVID-19 mengingatkan kita bahwa ekonomi dan kesehatan sangat terkait dan investasi dalam kesehatan, termasuk investasi di sektor air bersih, sanitasi, dan kebersihan adalah fondasi yang diperlukan dalam pembangunan ekonomi yang produktif, tangguh, dan stabil," jelasnya.



Adapun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024, pemerintag menargetkan bisa membangun 24,45 juta sambungan air bersih dengan perpipaan ke rumah tangga. Selain itu, pemerintah juga melakukan pembangunan sanitasi dan fasilitas lainnya.

"Terkadang kalau kita bicara WC atau toilet, orang merasa ketinggian kita sebagai pejabat bicara, padahal itu bagian dari kebersihan yang ujung-ujungnya air juga. Tanpa air tidak akan ada kebersihan itu," kata Menko Luhut.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)