Masjid Darurat untuk Korban Gempa Bumi Mamuju

Jum'at, 05 Februari 2021 - 15:20 WIB
loading...
Masjid Darurat untuk Korban Gempa Bumi Mamuju
Masjid darurat yang dibangun relawan Askar Kauny di Dusun Tamao, Kelurahan Tampalang, Tapalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat untuk 220 KK di daerah tersebut. Foto/Ist
A A A
Masjid darurat dibangun tim relawan Askar Kauny untuk warga korban gempa di dusun Tamao, Kelurahan Tampalang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Masjid ini rencananya akan digunakan hingga tahun 2022 mendatang karena masjid sebelumnya rusak berat akibat gempa.

"Awalnya kami tim relawan Askar Kauny ingin membangun musalla darurat di lokasi pengungsian yang berada di atas bukit. Namun, warga menyarankan untuk dibangun masjid di dekat jalan sebagai pengganti masjid Darul Falah yang tak bisa dipakai lagi untuk salat berjamaah akibat rusak berat," ungkap relawan Askar Kauny, Faisal Rully kepada SINDOnews.

Baca Juga: Begini Cara Ustaz Hanan Attaki Memakmurkan Masjid

Pria yang akrab disapa Bang Ical ini menjelaskan, bersama warga secara gotong royong membangun masjid dengan bahan kayu dan papan dengan ukuran 10 x 10 meter. Masjid darurat ini bisa menampung hingga 100 jemaah. Sementara untuk keperluan audio, sambung Bang Ical, masih menggunakan sound system lama dari Masjid Darul Falah yang rusak berat.
Masjid Darurat untuk Korban Gempa Bumi Mamuju

Kepala Dusun Tamano, Abdul Malik menyambut baik masjid darurat yang dibangun bersama relawan Askar Kauny untuk 220 KK di daerahnya. Ia berharap meski dibuat sederhana, masjid ini bisa kokoh hingga renovasi masjid Darul Falah selesai nantinya. "Awalnya kami bingun mau salat di mana. Tapi alhamdulillah dengan adanya masjid darurat ini kami bisa kembali salat berjamaah," ucapnya.

Bang Ical menyatakan, tim Askar Kauny berencana membangun satu lagi masjid darurat di Dusun Lingkungan Kasambang, Kelurahan Kasambang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju. Di wilayah ini, imbuh Bang Ical, dihuni sekitar 250 KK yang menunggu untuk bisa kembali salat berjamaah.

"Bagi para donatur yang ingin beramal jariyah bisa bersama Askar Kauny dan warga turut membangun masjid di sini karena sudah sangat dinantikan warga," ajak Bang Ical.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)