Gunung Raung Mengeluarkan Suara Gemuruh dan Gempa Tremor, Pengungsian Disiagakan

Kamis, 04 Februari 2021 - 10:47 WIB
loading...
Gunung Raung Mengeluarkan Suara Gemuruh dan Gempa Tremor, Pengungsian Disiagakan
Aktivitas vulkanik Gunung Raung, semakin menunjukkan adanya peningkatan, ditandai dengan peningkatan gempa tremor dan semburan abu vulkanik. Foto/iNews TV/Eris Utomo
A A A
BANYUWANGI - Aktivitas vulkanik Gunung Raung , yang teletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terus menujukkan adanya peningkatan, Kamis (4/2/2021) pagi.



Selain menyemburkan material abu vulkanik setinggi 1.000 meter dari bibir kawah, tingkat gempa tremor berlangsung secara terus-menerus disertai suara gemuruh dari perut Gunung Raug juga terus terjadi.

Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan evakuasi warga bila sewaktu-waktu diperlukan, mengingat terdapat pemukiman warga pada empat wilayah kecamatan yang berpotensi terdampak erupsi Gunung Raung .



Kabid Penanganan Bencana BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharam mengatakan, telah melakukan koordinasi bersama pihak terkait, guna persiapan evakuasi warga bila diperlukan sewaktu-waktu. "Kami juga telah menyiagakan kendaraan serta lokasi pengungsian," tegasnya.



Dia menyebutkan, terdapat pemukiman warga yang terletak di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, yang memiliki resiko tinggi akibat dampak terjadinya erupsi Gunung Raung . Yakni ada di Kecamatan Kalibaru, Kecamatan Glenmore, Kecamatan Sempu, dan Kecamatan Songgon.

"Ratusan rambu jalur evakuasi , juga telah dipasang disejumlah tempat guna memudahkan warga untuk melakukan evakuasi diri. Selain memetakan kawasan pemukiman bahaya terdampak, kami juga telah menentukan lokasi aman untuk evakuasi warga," tegasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2174 seconds (0.1#10.140)