Peringati Bulan K3, PT SIER Bakal Gelar Screening Plasma Konvalesen

Jum'at, 29 Januari 2021 - 09:31 WIB
loading...
Peringati Bulan K3, PT SIER Bakal Gelar Screening  Plasma Konvalesen
Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 2021, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) menggelar berbagai macam kegiatan sosial.

Khusus di masa pandemi COVID-19 ini, perusahaan pelat merah itu akan menggelar screening donor plasma konvalesen.

Rencananya, donor darah dan screening plasma konvalesen ini akan digelar pada Selasa (2/2/2021) pukul 10.00-15.00 WIB bertempat di Cafe Wisma SIER Jalan Rungkut Industri Raya Nomor 10 Surabaya.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjaring sebanyak 150 pendonor. Selain di SIER, di Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) juga ada kegiatan donor darah.

“Untuk menyukseskan kegiatan donor ini , kami bekerjasama dengan PMI, TNI/Polri, IKA FE Unair, Tim Penanganan COVID-19 ITS, juga instansi dan lembaga lainnya,” kata Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono, Jumat (29/1/2021).

Donor plasma darah, kata dia, sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti sekarang ini. Untuk itu, pihaknya ikut andil membantu pemerintah untuk mendapatkan donor plasma darah dari para penyintas COVID-19.

“Plasma pasien positif COVID-19 yang telah sembuh sanggup mengeliminasi virus. Sehingga lingkaran infeksi terputus. Pasien penerima donor diharapkan bisa terhindar dari serangan virus untuk kemudian memperbaiki jaringan yang sudah terlanjur rusak untuk meningkatkan sistem imun," paparnya.

Meski sangat efektif membantu kesembuhan pasien positif COVID-19, lanjut Didik, untuk mendapatkan pendonor plasma cukup sulit. Pasalnya, tidak semua penyintas COVID-19 bisa menjadi pendonor.

"Saya dapat informasi, dari 100 orang yang screening mungkin hanya 20 orang yang bisa menjadi pendonor. Makanya PT SIER ingin membantu untuk mendapatkan pendonor plasma tersebut," ungkapnya.

Diketahui, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi penyintas COVID-19 agar bisa menjadi pendonor plasma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3810 seconds (0.1#10.140)