Puji Ide Ridwan Kamil, DPRD Jabar: Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

Kamis, 28 Januari 2021 - 11:30 WIB
loading...
Puji Ide Ridwan Kamil, DPRD Jabar: Perkuat Ketahanan Pangan Nasional
Ketua Komisi II DPRD Jabar, Rahmat Hidayat Djati. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - DPRD Jawa Barat mengapresiasi terobosan revolusi pertanian 4.0 yang digulirkan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil untuk mengatasi pengangguran dan memperkuat ketahanan pangan.

Ketua Komisi II DPRD Jabar, Rahmat Hidayat Djati bahkan meyakini, ide brilian Ridwan Kamil tersebut tak hanya akan memperkuat ketahanan pangan Jabar, namun juga ketahanan pangan di tingkat nasional.

Sebelumnya diberitakan, Ridwan Kamil melahirkan terobosan besar lewat program revolusi pertanian 4.0 di provinsi yang dipimpinnya.

Melalui akun Instagram pribadinya, @ridwankamil, Gubernur yang akrab disapa Emil itu siap meminjamkan lahan-lahan subur milik Pemprov Jabar seluas masing-masing 2.000 meter persegi untuk 5.000 anak-anak muda Jabar.

Tidak hanya meminjamkan lahan subur, Emil pun menyiapkan permodalan dari PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb).

Bahkan, kata Emil, produk pertanian yang dikembangkan para milenial itu bakal langsung dibeli oleh PT Agro Jabar, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jabar yang fokus menggarap agrobisnis.

"Minat menjadi petani, peternak, pembudidaya ini harus terus kita dorong dan difasilitasi, yang mendidik dan menyejahterakan demi terciptanya swasembada pangan. Kalau masyarakat Jabar bisa swasembada pangan maka otomatis akan memperkuat ketahanan pangan nasional," ujar Rahmat di Bandung, Kamis (28/1/2021).

Oleh karenanya, Rahmat yang juga menjabat Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) itu mengajak anak-anak muda Jabar memanfaatkan kesempatan itu dengan turut bergabung dan terjun langsung menjadi petani milenial.

Baca juga: Pelanggar Protokol Kesehatan di Tasikmalaya Langsung Dirapid Test

"Alam pertanian di Jabar ini adalah anugrah yang luar biasa. Karenanya, ayo manfaatkan dan gabung karena saat ini dicari 5.000 anak muda Jawa Barat yang mau Bela Negara dengan menjadi petani 4.0," ajaknya.

Baca juga: Forkopimda Bandung Ikuti Vaksinasi Tahap Kedua, Ariel dan Risa Dijadwalkan Hadir

Rahmat menambahkan, pihaknya pun akan terus mendorong rekruitmen petani milenial di Jabar yang ditargetkan sebanyak 1 juta petani milenial per tahun.

"Begitupun lahan tidur, kita akan dorong (pemanfaatannya). Di Jabar ini banyak lahan tidur, hanya belum terkelola secara maksimal," tandasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)