Resep Hari Ini: Lawar Ayam Khas Bali

Jum'at, 15 Januari 2021 - 06:31 WIB
loading...
Resep Hari Ini: Lawar Ayam Khas Bali
Sayuran lawar merupakan membuat salad khas Bali yang lezat dan menjadi menu pelengkap sehari-hari masyarakat Pulau Dewata. Anda bisa membuatnya di rumah. Foto/whattocooktoday.
A A A
JAKARTA - Sayuran lawar merupakan membuat salad khas Bali yang lezat dan menjadi menu pelengkap sehari-hari masyarakat Pulau Dewata. Jika Anda penasaran dengan sensasi kuliner yang satu ini, Anda bisa membuatnya di rumah.

Sayuran lawar yang aromatik ini bisa membuat nafsu makan Anda bertambah. Seperti dilansir whattocooktoday, berikut resep sederhana Lawar Ayam khas Bali.



Bahan-bahan:
300 gr paha ayam
100 gr kacang panjang
100 gr tauge
150 gr kelapa parut
2 sdm minyak goreng

Bahan dasar:
1 sdm sambal ulek
2 buah cabai merah
1 sdm terasi
4 siung bawang putih
5 bawang merah
1 sdt biji ketumbar
2 inci akar lengkuas
2 inci kencur

Bumbu:
1 sdm gula jawa
1/4 sdt lada hitam bubuk
1 sdm air jeruk nipis
Garam secukupnya
30 gram bawang goreng
1-2 lembar daun salam

Cara membuat:
Hal-hal yang perlu dipersiapkan: Didihkan sepanci air sedang. Tambahkan tauge ke dalam air mendidih dan matikan api. Biarkan terendam dalam air mendidih selama sekitar 3 menit. Buang airnya dan segarkan tauge dengan air dingin.

Menyisihkan Siapkan bahan dasar: Masukkan semuanya untuk bahan giling ke dalam blender dan proses menjadi bumbu halus.



Menyisihkan ayam dan sayuran: Anda bisa mencincang daging ayam hingga halus. Gunakan sekitar 1 sdm minyak goreng dan tumis daging hingga matang, angkat dari wajan dan sisihkan. Tambahkan satu sendok makan minyak lagi dan tumis bahan giling hingga benar-benar harum, kurang lebih 3-4 menit.

Tambahkan kacang panjang yang sudah dicincang halus dan tumis selama sekitar 2-3 menit atau sedikit lebih lama. Pastikan agar tetap renyah tetapi tidak mentah. Tambahkan kelapa parut dan tumis selama 2 menit.

Tambahkan daging ayam dan tauge yang telah direbus, diikuti dengan bumbu. Aduk dan campur semuanya. Matikan api. Sajikan dengan memberikan tambahan bawang goreng dan aduk hingga tercampur semuanya. Cicipi. Tambahkan lebih banyak garam jika perlu. Pindahkan ke piring saji.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)