Vaksinasi COVID-19 Mulai Dilakukan, Virolog Instrat: Efikasinya Dua Kali Lipat

Rabu, 13 Januari 2021 - 23:11 WIB
loading...
Vaksinasi COVID-19 Mulai Dilakukan, Virolog Instrat: Efikasinya Dua Kali Lipat
Virolog yang juga Analis Kebijakan Instrat, Sidrotun Naim. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Virolog yang juga Analis Kebijakan Indonesia Strategic Institute (Instrat), Sidrotun Naim menilai, efikasi atau tingkat kemanjuran vaksin Sinovac mampu menekan risiko terkena COVID-19 hingga dua kali lipat.



Diketahui, vaksin asal China itu dipilih sebagai salah satu vaksin yang digunakan dalam vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Vaksin Sinovac disuntikkan perdana kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (13/1/2021).

Sidrotun menuturkan, selain Indonesia, Brazil, dan Turki, telah melaksanakan uji klinis vaksin Sinovac fase ketiga dengan hasil efikasi yang berbeda-beda dan belum final.

"Untuk laporan interim, data yang digunakan berasal dari sebagian jumlah peserta, sedangkan analisis untuk seluruh peserta akan ada di akhir uji klinis" sebut Sidrotun dalam keterangan resminya, Rabu (13/1/2021) malam.



Berdasarkan hasil kajiannya, virolog yang pernah bekerja di Harvard Medical School itu memaparkan, efikasi vaksin Sinovac di Brazil mencapai 50,4 persen karena uji klinis menyertakan jumlah orang yang terkena COVID-19 bergejala ringan di kelompok vaksin dan placebo.



Berdasarkan data yang dirilis otoritas Brazil, kata Sidrotun, jumlah orang yang terkena COVID-19 bergejala ringan di kelompok vaksin bertambah dari 60 orang menjadi 85 orang. Sedangkan di kelompok placebo, penambahannya lebih sedikit dari 160 orang menjadi 167 orang.

"Artinya, pada kelompok vaksin, jumlah peserta yang kena COVID-19 lebih sedikit dibanding kelompok placebo dengan kasus ringan lebih banyak (25 dari total 85 vs 7 dari 167)," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)