Inilah Silencer untuk Senapan Ringan dan Berat Ciptaan Paldam III/Siliwangi

Rabu, 13 Januari 2021 - 06:33 WIB
loading...
Inilah Silencer untuk Senapan Ringan dan Berat Ciptaan Paldam III/Siliwangi
Paldam III/Siliwangi ciptakan peredam suara senapan ringan dan berat
A A A
BANDUNG - Prajurit TNI membutuhkan senjata yang dilengkapi dengan peredam suara atau silencer dalam tugas penyergapan yang mengutamakan kerahasiaan. Untuk kebutuhan itu, prajurit Peralatan Kodam (Paldam) III/Siliwangi menciptakan inovasi silencer untuk senapan ringan dan berat.

Kepala Paldam III/Siliwangi Kolonel Cpl Dwi Soemartono mengatakan, senjata api, terutama senapan bagi militer, merupakan salah satu perlengkapan yang tak terpisahkan.

(Baca juga: 2 Anak di Bandung Tega Gugat Ayah Kandung Berusia 85 Tahun Rp3 Miliar )

Senjata api dahulu, kata Kolonel Cpl Dwi, umumnya menggunakan bubuk hitam atau mesiu sebagai propelan. Sedangkan senjata api modern kini menggunakan bubuk nirasap, cordite, atau propelan lain.

Sebagian besar senjata api modern menggunakan laras melingkar untuk memberikan efek putaran pada proyektil untuk menambah kestabilan lintasan.

"Saat digunakan, senjata api megeluarkan suara yang cukup nyaring. Untuk menghindari suara terdengar dalam artian mengutamakan kerahasiaan biasanya militer menggunakan peredam suara atau Silencer," kata Kapaldam II/Siliwangi, Selasa (12/1/2021).

Silencer, ujar Kolonel Cpl Dwi, adalah sebuah alat yang dipasang di ujung laras laras senjata api untuk mengurangi suara dan kilatan cahaya yang dihasilkan tembakan.

(Baca juga: Jabar Batasi Kapasitas Wisatawan hingga Tutup Objek Wisata di Zona Merah )

Kolonel Cpl Dwi mengemukakan, menyikapi kebutuhan itu, prajurit Paldam III/Siliwangi melakukan inovasi silencer untuk senapan ringan seperti SS-1 dan SS-2, serta senapan berat berupa silencer primer 105 milimeter.

Inovasi yang dibuat oleh prajurit Paldam III/Siliwangi, ujar Kolonel Cpl Dwi, yaitu alat peredam suara untuk senapan SS-1 dan SS-2 yang terbuat dari kuningan, dural, dan besi dengan sistem peredam suara monocore 5,24 Db.

Silincer ini berkaliber 5,56 mm panjang 246 mm berdiameter 38 mm dan berat 590 gram. "Inovasi silencer untuk senapan ringan dan berat ini dikerjakan langsung oleh Kepala seksi Persenjataan Mayor Cpl Andri Abdilah," ujar Kolonel Cpl Dwi.

Sementara itu, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memberikan apresiasi terhadap inovasi silencer yang diciptakan prajurit Paldam III/Siliwangi.

“Inovasi teknologi alutsista seperti yang dilakukan oleh Paldam III/Siliwangi ini, harus terus ditumbuhkembangkan. Karena, silencer ini bisa di gunakan bagi seluruh satuan jajaran Kodam III/Siliwangi dan seluruh angkatan,” kata Pangdam III/Siliwangi
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)