Ganjar Marahi Pedagang Tak Pakai Masker dan Berkerumun di Pasar Tiban

loading...
Ganjar Marahi Pedagang Tak Pakai Masker dan Berkerumun di Pasar Tiban
Gubernur Ganjar Pranowo saat menegur sejumlah warga maupun pedagang di Pasar Tiban depan Stadion Diponegoro Semarang. (Istimewa)
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendadak menyambangi Pasar Tiban yang menggunakan jalan persis di depan Stadion Diponegoro, Semarang, Minggu (10/1/2021). Awalnya, Ganjar sedang gowes melintas dari Jalan Mayjend Sutoyo hendak menuju jalan Ahmad Yani kemudian berbelok ke Jalan Ki Mangunsarkoro.

Namun, Ganjar berhenti saat melihat keramaian di pasar tiban di jalan tersebut. “Bapak Ibu maskernya dipakai,” kata Ganjar dari atas sepedanya. (Baca juga: Representasi Barat-Timur, Duet Ganjar Pranowo-Nurdin Abdullah Dinilai Potensial)

Ratusan warga dan pedagang yang ada di Jalan Ki Mangunsarkoro langsung heboh kala mendengar teriakan seorang laki-laki yang memperingatkan mereka untuk menggunakan masker. Ganjar lantas membelah masuk ke dalam pasar tiban, dan mengingatkan siapa pun yang dilihatnya tak menggunakan masker dengan baik.

“Bu, panjenengan yen dodolan maskere (Anda kalau jualan maskernya) dipakai ya,” ujar Ganjar memperingatkan seorang pedagang pakaian yang tak menggunakan masker.



Gubernur berambut putih itu terus menuntun sepedanya dan berhenti setiap kali menemukan warga tak bermasker atau tidak menggunakan masker dengan baik. Tak sekedar mengingatkan, Ganjar berhenti dan memastikan orang tersebut memakai maskernya.“Pak sampeyan maskere pundi (Anda maskernya mana)? Ayo dipakai,” ucap Ganjar sembari menunggu orang tersebut mengenakan maskernya.

Sesekali, Ganjar juga membuka gawainya dan mengambil gambar kerumunan di pasar tiban tersebut. Belakangan, Ganjar mengabadikan momen tersebut dan diteruskan kepada Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Ia juga memperingatkan warga yang tak mengenakan masker dengan alasan sedang makan. Sembari mengingatkan, Ganjar menjelaskan bahwa pada momen lengah seperti itulah muncul potensi terpapar virus corona. “Lebih baik makannya dibungkus saja, bawa pulang. Ayo maskernya dipakai. Jangan terlalu lama berkumpul,” ujarnya.



Tak luput dari perhatiannya, Ganjar juga memperingatkan orang tua yang membawa anak kecil atau bayi namun tak diberi masker atau pelindung wajah. Ganjar bahkan meminta mereka untuk segera pulang. “Mas, mbak, niki putrane bagus banget. Anda berdua sudah pakai masker tapi kasihan anak jenengan. Ini bahaya, sudah jangan lama-lama, gek ndang bali,” kata Ganjar.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top