Pencarian Sriwijaya Air, KRI Rigel Ikut Dikirim untuk Foto Tiga Dimensi

Minggu, 10 Januari 2021 - 02:44 WIB
loading...
Pencarian Sriwijaya Air, KRI Rigel Ikut Dikirim untuk Foto Tiga Dimensi
KRI Rigel 933 juga diberangkatkan ke titik lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air untuk mengambil foto tiga dimensi bawah air. Foto/ist
A A A
JAKARTA - TNI AL mengerahkan beberapa Kapal Republik Indonesia (KRI) untuk melakukan pencarian Sriwijaya Air SJ-182. Salah satunya KRI Rigel-933.

Pangko Armada I Laksamana Muda Abdul Rasyid Kacong mengatakan KRI Rigel ini nantinya diharapkan bisa membantu pencarian. Mengingat, KRI Rigel ini memiliki kemampuan untuk mengambil foto tiga dimensi di dalam air.

“KRI Rigel ini kapal multipurpose, yang bisa melaksankan foto tigadimensi di bawah air dan itu kita harapkan nanti bisa melaksankan pencarian,” ujarnya di Dermaga JICT, Jakarta, Sabtu (9/1/2021).

(Baca: Pencarian Sriwijaya Air, PMI Kirimkan 100 APD dan 200 Kantong Mayat)

Menurut Abdul Rasyid, KRI Rigel juga sudah memiliki pengalaman dalam melakukan pencarian pesawat jatuh. “Dan Rigel ini sudah pengalaman pada saat Lion Air jatuh,KRI ini yang melaksankan pencarian,” ucapnya.

Abdul Rasyid mengatakan, sebenarnya sudah ada 3 Kapal TNI AL yang sudah ada di Kepulauan Seribu untuk melakukan pencarian. Sedangkan pada malam hari ini, sudah ada 5 kapal yang bergerak.



Dan ada 4 kapal lagi yang menyusul diberangkatkan sehingga totalnta adalah 9 kapal. Seluruh kapal tersebut mengangkut tim penyelam yang berasal dari pasukan khusus TNI AL.

“Di lokasi sekarang itu sudah ada tiga kapal (dilokasi pencarian). Kemudian ada 5 KRI yang sekarang sudah bergerak ke sana yang melaksanakan operasi saya sudah perintahkan juga ke sana. Sekarang ini ada 4 KRI yang malam ini juga siap bergerak ke lokasi dan membawa tim penyelam,” jelasnya.

(Baca: Sriwijaya Air Jatuh, Polisi Kumpulkan Foto dan Video Penumpang)

Meskipun begitu, penyelaman tidak akan dilakukan pada malam ini. Mengingat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan penyelaman.

“Belum untuk penyelam malam ini belum. Karena ada beberapa hak yang harus kita perhatikan,” ucapnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6223 seconds (0.1#10.140)