Ini 7 Sumber Protein Pengganti Tempe dan Tahu

Jum'at, 08 Januari 2021 - 08:18 WIB
loading...
Ini 7 Sumber Protein Pengganti Tempe dan Tahu
Selain tempe dan tahu, asupan protein tetap bisa dipenuhi dari bahan makanan lainnya. / Foto: Ilustrasi/SINDOphoto/Yulianto
A A A
JAKARTA - Tahu dan tempe merupakan dua bahan makanan sumber protein yang semakin umum dan baik untuk kesehatan. Terlepas dari apakah Anda vegetarian, tempe dan tahu bisa menjadi makanan bergizi untuk dimasukkan ke dalam diet.

(Baca juga: Kembali ke Masa Kecil, Yuk Buat Ongol-Ongol! )

Meskipun kedua makanan berbahan dasar kedelai ini menawarkan manfaat kesehatan yang serupa, keduanya berbeda dalam penampilan, rasa, dan profil nutrisinya. Tempe dan tahu sama-sama bergizi. Tempe memberikan lebih banyak protein, serat, zat besi, dan kalium per porsi, sedangkan tahu mengandung lebih banyak kalsium dan lebih rendah kalori.

Tahu dan tempe adalah sumber isoflavon yang kaya, yang dikaitkan dengan manfaat seperti pencegahan kanker dan peningkatan kesehatan jantung. Tempe sangat kaya akan prebiotik, yaitu serat yang tidak dapat dicerna yang memberi makan bakteri sehat di usus. Selain itu, tahu dan tempe mudah disiapkan dan dapat digunakan dalam berbagai makanan.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, selain tempe dan tahu, asupan protein tetap bisa dipenuhi dari bahan makanan lainnya. Apa saja? Berikut makanan kaya protein pengganti tahu dan tempe seperti dilansir Health Line, Kamis (7/1).

1. Telur

Telur adalah sumber vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan pelindung mata, dan nutrisi otak yang dibutuhkan. Telur mengandung protein tinggi, tetapi putih telur hampir merupakan protein murni. Telur mengandung 33% kalori, satu telur besar memiliki 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Almond

Almond kaya nutrisi penting, termasuk serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Almond mengandung 15% kalori, 6 gram dan 164 kalori per ons atau 28 gram.

3. Dada ayam
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)