Sebelum Bakar Pesawat MAF, TPNPB OPM Todong Pilot dan Umbar Tembakan di Bandara

Kamis, 07 Januari 2021 - 19:23 WIB
loading...
Sebelum Bakar Pesawat MAF, TPNPB OPM Todong Pilot dan Umbar Tembakan di Bandara
Kelompok bersenjata yang mengklaim sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM menyerang dan membakar Pesawat Twin Otter di Bandara Pagamba, Distrik Biandoga, Intan Jaya, Papua. Foto iNews TV/Chanry AS
A A A
INTAN JAYA - Sekelompok bersenjata yang mengklaim sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyerang dan membakar Pesawat Twin Otter milik perusahaan MAF di Bandara Pagamba, Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Aksi pembakaran terjadi saat pesawat landing di Bandara Pagamba dari Kota Nabire, Papua pada Rabu 6 Januari 2021.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Achmad Mustofa Kamal menjelaskan, atas kejadian tersebut Kepolisian Daerah Papua (Polda Papua) langsung menangani kasus pembakaran pesawat MAF di Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

(Baca:OPM Bakar Pesawat Misionaris di Bandara Pagamba Intan Jaya Papua)

Menurut Kamal, kronologis kejadian pembakaran tersebut dimana Pesawat MAF PK-MAX yang dipiloti Warga Negara Amerika atas nama Alex Luferchek berangkat dari Bandara Nabire dengan membawa dua penumpang yakni masyarakat setempat dengan tujuan Pagamba (Bandara perintis milik MAF) Distrik Biandoga Kabupaten Intan Jaya.

Lalu, kata Kamal, pada Rabu 6 Januari 2021 sekitar pukul 09.30 WIT, pilot Pesawat MAF PK-MAX Alex Luferchek melaporkan Via Radio ke kantor MAF bahwa pesawat telah mendarat di Bandara Pagamba dengan baik. Selanjutnya pilot turun dari Pesawat kemudian datang seseorang (diduga Kelompok Kriminal Bersenjata ) yang berada di sekitar tempat pesawat berhenti dengan membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke Udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk.

Namun pilot diamankan oleh para pendeta dan masyarakat ke Kampung Tekai perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya. Kemudian pesawat tersebut dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata.

(Baca juga: OPM Kalikopi Diduga Kelompok Bersenjata yang Menembaki Helikopter di Tembagapura)

"Pembakaran pesawat MAF tersebut kemudian terdeteksi oleh Basarnas pusat dan menyampaikan kepada yayasan MAF di Nabire untuk mengecek pesawat PK - MAX yang dipiloti Alex Luferchek," jelas Kamal.

Selanjutnya menurut Kamal, untuk mengevakuasi pilot berkebangsaan Amerika tersebut, pada hari Kamis 7 Januari 2021 pukul 06.00 bertempat di Bandar Udara Wamena telah berangkat Heli Vida yang dipiloti Natan Fagerlie untuk mengevakuasi pilot pesawat MAF PK -MAX dari Kampung Tekai perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga menuju Nabire.

"Langkah-langkah Kepolisian yang dilakukan yakni menerima laporan, berkoordinasi dengan pihak terkait, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut dalam penanganan Polres Nabire," timpalnya.

Kombes Pol Ahmad Muthofa Kamal mengatakan, Polres Nabire telah melakukan koordinasi dengan Polres Intan Jaya untuk menuju ke lokasi kejadian.

"Karena kejadian tersebut terjadi di wilayah Polres Intan Jaya, namun terkendala lokasi sebab hanya dapat dijangkau melalui jalur udara. Namun anggota akan sesegera mungkin mendatangi lokasi guna dilakukan olah TKP," tandasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)