Mengukur Peluang Para Ketua Umum Parpol di Pilpres 2024

Senin, 04 Januari 2021 - 09:58 WIB
loading...
Mengukur Peluang Para Ketua Umum Parpol di Pilpres 2024
Para Ketua Umum Partai Politik (Parpol) dinilai memiliki peluang yang sama sebagai kandidat bakal Calon Presiden atau Calon Wakil Presiden di Pilpres 2024. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Para ketua umum partai politik ( Parpol ) dinilai memiliki peluang yang sama sebagai kandidat bakal Calon Presiden atau Calon Wakil Presiden di Pilpres 2024 . Para Ketua Umum tersebut tercatat dalam 'papan' survei yang dirilis oleh sejumlah lembaga survei, sehingga terbuka lebar untuk bersaing dalam pentas politik nasional mendatang.

(Baca juga: Peta Berubah, Sandi Akan Jadi Lawan Anies di Pilpres 2024?)

Dari hasil rilis sejumlah lembaga survei, tercatat nama Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra, Airlangga Hartarto (Golkar), Muhaimin Iskandar (PKB), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), Zulkifli Hasan (PAN), Surya Paloh (Nasdem), yang masuk kategori Ketum parpol yang memiliki kursi di Parlemen.

(Baca juga: Tolak Hasil Pilpres, Trump Umumkan Demonstrasi Besar-besaran 6 Januari)

Namun juga tercatat ketum parpol non parlemen seperti Hary Tanoesoedibjo (Perindo), Yusril Ihza Mahendra (PBB), Giring Ganesa (PSI) dan Hutomo Mandala Putra (Berkarya).

Para Ketum Parpol tersebut dinilainya memiliki peluang yang sama untuk bersaing dengan figur yang berasal dari kepala daerah, kader partai, dan kalangan profesional mengisi papan survei. Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA), Fadhli Harahab pun mencermati peluang para Ketum parpol tersebut.

(Baca juga : Mentan Kaget Harga Tanaman Hias Janda Bolong Tembus Ratusan Jutaan Rupiah )

"Hasil kajian dan temuan survei tetap tak bisa mengabaikan sisi elektoral ketum-ketum ini. Hanya dari perpsektif mana responden akan mengukurnya. Tapi, kalo dari personalnya, ya kembali ke mereka (ketum parpol) masing-masing. Misalkan Bu Mega sebagai partai penguasa mungkin nanti lebih nyaman kalo beliau cukup jadi king maker," ujarnya saat dihubungi SINDOnews, Senin (4/1/2021).

(Baca juga : Conor McGregor Dibekuk Khabib gara-gara Minum Wiski Jelang Tarung )

Fadhli melanjutkan. Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto disebutnya akan tetap menjadi pilihan utama partainya, mengingat elektabilitas yang bersangkutan oleh sejumlah lembaga survei juga berada di puncak klasmen. Pria yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu cukup bersaing ketat dengan kader PDI Perjuangan yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6299 seconds (0.1#10.140)