Gubernur Nova Resmikan Jembatan Bintah Aceh Jaya

Rabu, 30 Desember 2020 - 15:44 WIB
loading...
Gubernur Nova Resmikan Jembatan Bintah Aceh Jaya
Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat meresmikan penggunaan Jembatan Bintah, Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya, Rabu, (30/12/2020).
A A A
BANDA ACEH - Gubernur Aceh Nova Iriansyah meresmikan penggunaan Jembatan Bintah, Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya, Rabu, (30/12/2020). Peresmian dilakukan setelah pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Bintah dan Sarah Raya ini rampung dikerjakan.

Keberadaan jembatan berkontruksi baja ini disebut cukup penting mengingat fungsinya sebagai jalur penghubung desa yang selama ini aksesnya hanya dapat dilakukan menggunakan rakit.

Gubernur Nova usai saat meresmikan jembatan mengatakan, Pemerintah Aceh selalu berusaha membuka akses transportasi untuk mempermudah kegiatan masyarakat dalam upaya pengembangan daerah.

"Masyarakat Desa Bintah dan Sarah Raya, Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya, selama ini harus menggunakan rakit dalam melakukan berbagai aktivitasnya, terutama kegiatan perekonomian dan pendidikan," ujar Nova.

Nova menjelaskan, masyarakat di kawasan tersebut selama ini juga terpaksa menyeberangi sungai Bintang untuk memasarkan berbagai hasil pertanian dan perkebunan, termasuk anak-anak yang ingin bersekolah harus menggunakan rakit untuk sampai ke sekolahnya di seberang sungai.

Karena itu, Nova pada kesempatan itu mengungkapkan rasa syukur dan bahagia atas selesainya pembangunan jembatan yang merupakan salah satu infrastruktur terpenting di kawasan itu. Keberadaan jembatan itu diyakini akan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perekonomian dan aktifitas pendidikan di kawasan itu.

Lebih lanjut, Nova menjelaskan jembatan yang dibangun Pemerintah Aceh melalui Dinas PUPR itu memiliki panjang 180 meter, atau 3 x 60 meter. Pembangunan jembatan rangka baja ini telah dimulai sejak tahun 2015 dengan menelan total biaya sekitar Rp37,7 Miliar.

Pembangunan jembatan ini disebut sempat terbengkalai pada tahun 2017 dan 2019. "Namun Alhamdulillah kini Jembatan Bintah telah dapat kita selesaikan sehingga masyarakat Bintah dan Sarah Raya sudah terbebas dari rakit," kata Nova.

Pada kesempatan ini, Nova juga mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Kabupaten Aceh Jaya dan Tokoh Masyarakat Aceh Jaya atas dukungan mereka sehingga jembatan tersebut dapat diselesaikan. Terima kasih juga disampaikan kepada pihak perencana, pelaksana, KPA/PPTK serta pihak terkait lainnya yang terlibat dalam pembangunan jembatan.

Turut hadir pada peresmian itu Bupati Aceh Jaya, T. Irfan Tb, unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Jaya, Bupati Nagan Raya, Jamin Idham, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, pihak DPRK Aceh Jaya, Ketua Tim Penggerak KPP Aceh, Dyah Erti Idawati dan para tokoh masyarakat Kecamatan Pasie Raya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.2036 seconds (0.1#10.140)