Lumbung Pangan Jatim Diperluas Hingga Sidoarjo dan Gresik

Kamis, 14 Mei 2020 - 14:37 WIB
loading...
Lumbung Pangan Jatim Diperluas Hingga Sidoarjo dan Gresik
Lumbung pangan Jatim, diperluas hingga ke wilayah Sidoarjo, dan Gresik. Foto/Ilustrasi
A A A
SURABAYA - Jangkauan program Lumbung Pangan Jatim dengan bebas ongkos kirim hingga ke Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. Untuk proses pengiriman, PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim selaku penyelenggara Lumbung Pangan Jatim bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. PT PWU merupakan BUMD milik Pemprov Jatim.

(Baca juga: Ada Skenario Pengetatan Jalur Lalulintas Selama PSBB Malang Raya )

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, warga Gresik, dan Sidoarjo, bisa belanja melalui online di website https://lumbungpanganjatim.com,tanpa biaya pengiriman. Langkah ini dilakukan dengan harapan agar masyarakat tidak perlu belanja offline atau bertatap muka langsung. "Pada pekan pertama Lumbung Pangan Jatim dilauching, pembelian secara online cukup tinggi. Tapi belakangan, pembeli secara langsung mulai naik," katanya, Kamis (14/5/2020).

Direktur PT PWU Jatim, Erlangga Satriagung menambahkan, biaya pengiriman untuk pemesanan sembako di Lumbung Pangan Jatim nanti ditanggung oleh Pemprov Jatim melalui subsidi. "Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang kita perlu gencar menerapkan physical distancing apalagi di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap II mengingat tren kasus positif masih tinggi," ujarnya.

Program Lumbung Pangan Jatim ini bebas biaya kirim hanya untuk jarak 30 kilometer (km) dari lokasi di Jatim Expo Surabaya. Untuk melayani pengiriman wilayah Sidoarjo dan Gresik, pihaknya melakukan sistem kerja sehari dua kali rekapitulasi pesanan yakni pada pukul 13.00 WIB dan 16.00 WIB. "Setelah direkap di waktu tersebut maka seluruh belanjaan pesanan online dari pelanggan akan dibawa ke satu titik di Gresik dan Sidoarjo, kemudian diantarkan ke masing-masing alamat dengan layanan PT Pos Indonesia," jelas Erlangga.

Adapun seluruh wilayah PSBB telah terjangkau pengiriman produk sembako dengan harga murah, tetapi hanya 2 kecamatan di Gresik yang belum bisa dijangkau yakni Kecamatan Ujung Pangkah dan Bawean. Hingga 12 Mei 2020, total transaksi Lumbung Pangan Jatim tercatat mencapai 33.313 transaksi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.533 merupakan transaksi secara online dengan total nilai transaksi Rp438,9 juta.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)