Program OTW Lokal Tiket.com Catatkan Kenaikan Transaksi

Jum'at, 25 Desember 2020 - 07:30 WIB
loading...
Program OTW Lokal Tiket.com Catatkan Kenaikan Transaksi
Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa saat acara virtual akhir tahun
A A A
SURABAYA - Program “Online Tiket Week” (OTW) Lokal yang digelar tiket.com mulai 23 hingga 30 November 2020 berhasil mencatat peningkatan transaksi delapan kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. OTW Lokal merupakan promo pariwisata yang diadakan tiket.com untuk pemesanan akomodasi perjalanan mulai dari hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, hingga tempat wisata.

Berdasarkan data jadwal pemesanan yang dihimpun Tiket.com, sebanyak 77% dari keseluruhan transaksi OTW Lokal dibeli oleh pelanggan untuk berlibur pada awal Desember. Kemudian sebesar 19% memilih berlibur tahun baru hingga pertengahan Januari 2021. Sisanya memutuskan melakukan perjalanan setelah Januari 2021.

(Baca juga: Dorong Popularitas Destinasi Wisata Domestik, Tiket.com Gelar OTW )

Dalam acara virtual akhir tahun, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa memaparkan rangkaian prestasi yang diukir pada triwulan IV. Yaitu per November 2020, tingkat okupansi hotel naik 67%. Lalu transaksi harian pemesanan tiket pesawat naik 56% dibandingkan dengan data triwulan III 2020.

“Kami siap membantu pemerintah membangkitkan pariwisata nasional dan menggerakan ekonomi nasional. Membantu saudara-saudara kita yang bekerja di sektor dan sub-sektor pariwisata untuk kembali tersenyum dan berjaya seperti sebelumnya,” katanya, Kamis (24/12/2020).

Gaery menjelaskan, pada November jumlah pemesanan hotel di berbagai destinasi wisata, seperti Bali dan Yogyakarta berhasil memecahkan rekor transaksi bulanan tertinggi sepanjang 2020. Lonjakan transaksi harian pemesanan hotel mencapai 118% dibandingkan seminggu sebelum periode OTW Lokal.

(Baca juga: Takut Ledakan Klaster Wisata, Pemkab Blitar Akhirnya Berlakukan Aturan Rapid Antigen )

Mayoritas transaksi pemesanan hotel diperuntukkan menginap pada awal Desember sebanyak 74%, liburan akhir tahun hingga pertengahan Januari sebanyak 20%. Sisanya untuk sepanjang 2021. “Hotel-hotel terpopuler terletak di kota-kota wisata favorit, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta,” ujarnya.

Sementara itu, EVP Transaction Banking Business Development, PT Bank Central Asia Tbk, I Ketut Alam Wangsawijaya mengatakan, pada triwulan IV dia mencatat pembelanjaan kategori travel mengalami peningkatan dibanding triwulan sebelumnya.

“Travel memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat, termasuk nasabah BCA. Namun, dalam kondisi pandemi diharapkan masyarakat maupun pelaku industri tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” katanya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2338 seconds (0.1#10.140)