Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Sabtu, 19 Desember 2020 - 20:41 WIB
loading...
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh
Tampak salah satu kaki hewan yang terlihat aneh. Bentuk kaki hewan banyak yang terlihat aneh sebagai adaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Foto/Alamy
A A A
JAKARTA - Di dunia hewan , kaki hadir dalam berbagai bentuk yang menakjubkan dan dilengkapi serangkaian adaptasi yang sangat terspesialisasi . Imbasnya, ada yang terlihat sangat aneh. (Baca juga: 15 Hewan Ini Mungkin Lebih Cerdas Dari Kamu, Ayo Tebak Apa Saja )

Beberapa memiliki cakar kokoh yang dapat menggali terowongan di tanah yang padat. Yang lainnya menggunakan cakar tajam dan melengkung untuk menangkap dan mencengkeram mangsa yang bergerak cepat dan menggeliat. Mereka mungkin menggunakan struktur mencengkeram untuk mengukur permukaan vertikal, atau menyebarkan paku berbisa untuk mengalahkan saingan atau predator.

Entah mereka digunakan sebagai alat untuk menggali, menggenggam pengisap atau mesin pembunuh, kaki binatang bisa sangat aneh. Berikut ini beberapa contoh yang paling menarik dari keanehan kaki hewan, seperti dilaporkan Live Science.

1. Kuku Tapir
Banyak hewan memiliki kuku, tapi tahukah Anda bahwa tapir memiliki banyak kuku di setiap kakinya? Tapir berkerabat dekat dengan badak. Namun kaki mereka sangat tidak biasa.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

Mereka memiliki empat jari pada kaki depan dan tiga jari pada kaki belakang. Semua jari kaki ditutupi oleh paku yang mengeras, sehingga menyerupai kuku yang sangat kecil. Kaki tapir bersifat mesaksonik, artinya ujung tengah adalah yang terbesar dan membentuk poros kaki.

Satu jari di kaki depan lebih kecil dari yang lain. Biasanya digunakan hanya ketika tapir menavigasi tanah yang lunak dan berlumpur, menurut Animal Diversity Web.

2. Tokek Anti-Gravitasi
Tokek dapat naik ke dinding dan bahkan menggantung terbalik. Menariknya, ini bukan karena jari-jari kakinya yang lengket, tapi lantaran mereka ditutupi oleh ratusan rambut kecil, yang dikenal sebagai setae, yang bercabang menjadi filamen lebih kecil.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

Elektron pada rambut yang sangat kecil ini terikat dengan molekul di permukaan lain melalui tarikan elektromagnetik. Hal ini memungkinkan tokek untuk menempel dan melepaskan kaki mereka cukup cepat untuk meluncur ke permukaan vertikal dan melintasi langit-langit. Kaki mereka yang tidak biasa telah mengilhami teknologi seperti dayung genggam yang dapat membantu orang mengukur bangunan, dan selotip non-iritasi yang dapat menutup luka.

3. Alpacas Pendaki Gunung
Jari-jari kaki kokoh dan kaki berbulu Alpaka membantu mereka menavigasi pegunungan Andes yang dingin dan tinggi di Amerika Selatan. Hewan pemamah biak ini termasuk dalam keluarga unta, yang juga termasuk unta, dromedaris, llama, Guanaco, dan Viçunas -kerabat terdekat alpacas dalam kelompok tersebut -dan semua unta memiliki dua jari di setiap kaki.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Jennifer Zoon/Smithsonian NaUonal Zo

Jari kaki memiliki bantalan lembut dengan ujung paku yang kuat. Kukunya terus tumbuh dan menjadi aus karena berjalan di atas tanah berbatu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)