Tito Karnavian Menaruh Harapan Besar ke Bank Pembangunan Daerah

Selasa, 08 Desember 2020 - 20:35 WIB
loading...
Tito Karnavian Menaruh Harapan Besar ke Bank Pembangunan Daerah
Mendagri Muhammad Tito Karnavian berharap Bank Pembangunan Daerah (BPD) dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian berharap Bank Pembangunan Daerah (BPD) dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah.

(Baca Juga: BPD Harus Berani Cegah Intervensi Luar, Perkuat Juga Anti Pencucian Uang )

Mendagri mengatakan, daerah memiliki 3 sumber keuangan, yaitu pertama sumber keuangan dari pemerintah pusat dalam bentuk dana perimbangan yang ditransfer, kedua dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan ketiga dari sumber lain yaitu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Sementara kekuatan kapasitas fiskal daerah dapat dilihat dari besar kecilnya PAD," katanya secara virtual di Jakarta, Selasa (8/12/2020).

Menurut dia, ada yang memiliki PAD lebih besar dari transfer pusat, namun ada yang sedang, dan ada yang sangat bergantung dari pusat. Untuk itulah peran BPD dinilai sangat penting dalam mewujudkan pembangunan daerah yang mandiri.

(Baca Juga: Wimboh: BPD Harus Jadi Player Utama di Daerah )

Selain bisa mendapatkan keuntungan, BPD diharapkan juga memiliki kemandirian. Artinya, lanjut dia, BPD dapat menjadi mesin untuk memperlancar ekonomi, memiliki jaringan, mengerti sumber daya dan berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Jadi yang kita harapkan BPD menjadi motor dan mendorong pembiayaan kapasitas fiskal daerah, jangan terbalik-terbalik, menjadi beban dari pemerintah daerah, apalagi mengharapkan hanya uang itu sebagai penampungan dana transfer pusat, terbalik-balik jadinya. Nah, untuk itulah potensinya sangat besar,” ujar dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)