Deklarasikan Negara Papua Barat, Ini 5 Fakta tentang Benny Wenda

Jum'at, 04 Desember 2020 - 11:28 WIB
loading...
Deklarasikan Negara Papua Barat, Ini 5 Fakta tentang Benny Wenda
Benny Wenda pernah mengakui dan memilih sendiri untuk bergabung dengan NKRI. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Organisasi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), kelompok yang ingin memerdekakan Papua Barat (West Papua) dari Indonesia, mendeklarasikan pembentukan pemerintahan sementara Papua Barat Merdeka, dengan presiden interim Benny Wenda .

ULMWP menandai 1 Desember sebagai hari kemerdekaan Papua Barat. Tanggal itu merujuk pada deklarasi kemerdekaan Papua Barat dari pemerintahan kolonial Belanda pada 1961. Kelompok itu juga mendeklarasikan "government-in-waiting" istilah untuk pemerintah masa depan Papua Barat.

“Hari ini, kami menghormati dan mengakui semua nenek moyang kami yang berjuang dan mati untuk kami dengan akhirnya membentuk 'pemerintah yang menunggu'. Kami siap menjalankan negara kami,” kata Benny Wenda dikutip dari The Guardian, Jumat (4/12/2020).

(Baca: Mahfud MD: Masyarakat Tak Perlu Takut, Deklarasi Benny Wenda Lewat Twitter)

ULMWP telah menetapkan konstitusi baru dan menominasikan Benny Wenda sebagai presiden interim. Benny Wenda sendiri masih berada di pengasingan di Inggris setelah mendapat suaka di sana. Siapa sesungguhnya sosok Benny Wenda? dan bagaimana perjalanannya memperjuangkan memerdekakan Papua Barat?


1. Putera asli Papua


Wenda merupakan putra asli Papua dari Suku Lani di Lembah Baliem. Mengutip situs pribadi miliknya bennywenda.org, dia lahir sekitar tahun 1970-an. Wenda kecil bersama keluarga besarnya hidup di sebuah desa terpencil di kawasan Papua Barat.

Mereka hidup dengan bercocok tanam. Saat itu, dia merasa kehidupannya begitu tenang, hingga kemudian Wenda menyebut kehidupannya tiba-tiba berubah dan mulai terusik dengan masuknya pasukan militer, pada 1977. Dia menyebut hidupnya dipenuhi kekerasan dan penindasan.

Wenda menyebut di situsnya, salah satu dari keluarganya menjadi korban dan meninggal dunia. Hingga peristiwa itu berjalan 20 tahun kemudian, akhirnya keluarganya memilih bergabung dengan NKRI.

(Baca: Soal Deklarasi Benny Wenda, MPR Minta Pemerintah Panggil Dubes Inggris)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)