Seruan Habib Rizieq Hijrah ke Sistem Negara Tauhid, PDIP: Bisa Berkelahi

Kamis, 03 Desember 2020 - 16:42 WIB
loading...
Seruan Habib Rizieq Hijrah ke Sistem Negara Tauhid, PDIP: Bisa Berkelahi
Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko menegaskan Indonesia adalah negara yang majemuk yang hanya bisa disatukan dengan Pancasila. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Budiman Sudjatmiko menegaskan Indonesia adalah negara yang majemuk dengan jumlah warganya mencapai lebih dari 260 juta, 300 suku, 700 lebih bahasa dan dialek yang tersebar di 17.000 pulau.

(Baca juga : Tokoh Oposisi Kumpul di Dialog Nasional 212, Kekuatan Baru Pemilu 2024? )

Semua keragaman itu hanya bisa disatukan dengan Pancasila. Jika ada pihak-pihak tertentu yang menginginkan ada sistem bernegara yang baru dengan menghilangkan Pancasila maka semuanya bakal berjatuhan dan saling berkelahi satu sama lain. (Baca juga: Bicara Revolusi Akhlak, Habib Rizieq: Ingat, Indonesia Negara Hukum, Bukan Negara Kekuasaan)

"Kita ini sekumpulan 260 juta manusia dgn imajinasi masing2, 300 suku dgn 700 lebih bahasa & dialek yg berserak di 17.000 pulau. Jika kau tarik alas Pancasilanya, semua akan berjatuhan, saling berkelahi & menggelandang sbg pariah dunia," cuit mantan aktivis 98 ini melalui akun Twitter-nya, @budimandjatmiko, dikutip Kamis (3/12/2020). (Klik ini untuk ikuti survei SINDOnews tentang Calon Presiden 2024)

Cuitan Budiman Sudjatmiko ini ditulis sebagai respons atas pernyataan Pimpinan Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab yang menyerukan revolusi akhlak dengan mengajak masyarakat hijrah ke sistem negara berbasis tauhid. Dikatakan Rizieq Shihab, sistem ini sesuai dengan sila pertama Pancasila. Sebab, tauhid merupakan dasar agama Islam yang menyatakan keesaan Allah. "Maka itu, revolusi akhlak di level sistem bagaimana kita menggandeng, kita hijrah ke sistem berbasis tauhid, berbasis sila pertama Pancasila," kata Rizieq dalam Dialog Nasional Reuni Akbar 212 yang disiarkan Youtube Kaffah Channel, Rabu (2/12/2020). (Baca juga: Lebih Garang dari Duo F, Habib Rizieq Layak Dapat Bintang dari Jokowi)

Menurut Rizieq Shihab, revolusi akhlak merupakan upaya untuk membawa perubahan. Semangat ini berulang kali digaungkan sejak kepulangannya dari Arab Saudi, bulan lalu. (Baca juga : Pantengin, IIMS Motobike Hybrid Show Lelang Murah 13 Motor Baru )
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)