KIT Batang Resmi PSN, Kemenko Perekonomian Minta Daftar Investor

Senin, 30 November 2020 - 20:50 WIB
loading...
KIT Batang Resmi PSN, Kemenko Perekonomian Minta Daftar Investor
Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo.
A A A
BATANG - Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang disahkan masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Keputusan itu dikeluarkan langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui Perpres nomor 109 Tahun 2020.

Berdasarkan kriteria PSN, direkomendasikan 201 proyek dan 10 program dengan nilai total investasi Rp4.809,7 triliun.

Adapun untuk mempercepat progres KIT Batang dan menarik investor, Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo, meminta konsorsium KIT dan Pemkab Batang melakukan beberapa hal.

"Yang pertama kami minta konsorsium dan Pemkab Batang melakukan indetifikasi permasalahan yang menghambat pembangunan KIT Batang," jelasnya, usai rapat koordinasi percepatan KITB, di Hotel Gumaya Semarang, Senin (30/11/2020)

Ia mengatakan, langkah selanjutnya Kemenko minta konsorsium KIT Batang dan Pemkab untuk menyodorkan list investor yang sudah fix akan menanamkan modal ke KIT Batang.

"Tujuannya untuk memastikan kebutuhan para investor, serta mempercepat progres pembangunan KIT Batang," ujarnya.

Wahyu menambahkan, kesiapan KIT Batang tak bisa terlepas dari pengelola KIT Batang yang hingga kini belum ditunjuk kepastiannya.

"Kuncinya adalah pengelola, untuk itu kami minta konsorsium dan Pemkab segera menunjuk siapa pengelola di KIT Batang," ujarnya.

Ia menambahkan, harus ada kajian khusus terkait pembiayaan dalam pengerjaan KIT Batang yang sudah masuk dalam PSN.

"Harus ada kajian terkait finansial, kalau seluruhnya menjadi tanggung jawab pemerintah ya harus direalisasikan. Namun jika pembangunan bisa dikerjasamakan kenapa tidak," tandasnya. (sindonews)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)