Bupati Morut Moh Asrar Membuka Utsawa Dharma Gita Umat Hindu

Senin, 30 November 2020 - 16:03 WIB
loading...
Bupati Morut Moh Asrar Membuka Utsawa Dharma Gita Umat Hindu
Bupati Morowali Utara Abd. Samad, membuka perlombaan Utsawa Dharma Gita (UDG) di halaman penginapan Tani Nur Beteleme, Kecamatan Lembo, Senin (30/11/2020).
A A A
KOLONODALE - Bupati Morowali Utara Moh. Asrar Abd. Samad, membuka perlombaan Utsawa Dharma Gita (UDG) tingkat Kabupaten Morowali Utara, di halaman penginapan Tani Nur Beteleme, Kecamatan Lembo, Senin (30/11/2020).

Dalam sambutannya Asrar mengatakan, pelaksanaan Utsawa Dharma Gita merupakan salah satu upaya melestarikan, mengembangkan serta memasyarakatkan Dharmagita di kalangan Umat Hindu. “Olehnya itu, kegiatan semacam ini tentulah harus lebih banyak digiatkan dalam bentuk perlombaan agar budaya leluhur senantiasa tetap terjaga dan dapat dilestarikan,” ucap Bupati.

Bupati menambahkan bahwa, Utsawa Dharma Gita juga merupakan wahana untuk menjaring Duta yang akan dilombakan ke tingkat Provinsi. “Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembuktian kemampuan olah seni suara dari para utusan seluruh kontingen yang ada di Kabupaten Morowali Utara,” kata Bupati.

Menyinggung tentang perjalanan Pemerintahannya di Kabupaten Morowali Utara, Bupati menyampaikan bahwa, selama kurang lebih empat tahun memimpin daerah ini, sudah banyak kemajuan yang dirasakan, keberhasilan ini tentu berkat dukungan seluruh elemen masyarakat termasuk umat Hindu yang juga berkontribusi dalam program Pemerintahan.

Utsawah Dharma Gita mengusung tema 'Melalui Pemantapan Dharma Gita Kita Tingkatkan Sradha dan Bhakti Hindu Dimasa Pandemi Covid-19' yang akan berlangsung selama sehari.
Pembukaan diikuti oleh perwakilan masing-masing kontingen utusan 10 kecamatan se-kabupaten Morowali Utara.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan dua tahun sekali, dengan kategori lomba diantaranya Utsawa Membaca dan Terjemah Mantra/Sloka, Utsawa Membaca dan Terjemah Palawakya, dan Utsawa Menghafal Sloka/Mantra Terbanyak,” ujar Ketua Panitia.

“Bagi yang meraih juara I akan ditunjuk mewakili Kabupaten Morut dalam ajang lomba UDG Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang direncanakan berlangsung awal tahun 2021 mendatang,” sambungnya.

Morowali Utara akan mengutus peserta cabang lomba baca dan terjemah seloka utusan kecamatan Soyojaya nantinya menjadi Dharma Duta yang dapat berkompetisi di Tingkat Nasional Akhir Tahun 2020 di Kota Ambon.

Bupati pada pembukaan didampingi Kapolsek Lembo, Kabag Kesra Setda Kabupaten Morut, Unsur Tripika Kecamatan Lembo, Ketua PHDI dan WHDI Kabupaten Morut, Ketua LPDG, Ketua PHDI, WHDI, Peradah Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Morut serta undangan lainnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2794 seconds (0.1#10.140)