Nikmatnya Sirup Jahe Racikan Emak-emak, Minuman Penambah Imunitas

loading...
Nikmatnya Sirup Jahe Racikan Emak-emak, Minuman Penambah Imunitas
Sirup jahe menjadi salah satu minuman andalan warga Demak Jawa Tengah di masa pandemi COVID-19. Foto/SINDOnews/Taufik Budi
DEMAK - Sirup jahe menjadi salah satu minuman andalan warga Demak Jawa Tengah di masa pandemi COVID-19. Bukan hanya manjur untuk menambah imunitas, tetapi juga sekaligus memiliki nilai jual tinggi di tengah pelemahan ekonomi.

(Baca juga: Perpustakaan Herbal Masih Berkibar di Tengah Pandemi COVID-19 )

Bahan baku minuman sirup jahe yakni, jahe, gula, serei, daun pandan, kayu manis dan air. Cara pembuatannya cukup mudah, yakni bersihkan jahe lalu potong kecil-kecil dan disangrai. Setelah itu haluskan dan peras menggunakan kain bersih untuk mendapatkan sari jahe.

Selanjutnya rebus sari jahe bersama air gula serta bahan lainnya hingga mendidih. Diamkan selama lima menit, kemudian ulangi proses perebusan hingga dua kali. Setelah sirup jahe dingin, masukkan ke botol yang telah disterilkan. Minuman sirup jahe ini pun siap dinikmati.





Sirup jahe ini diracik oleh emak-emak yang menjadi warga belajar PKBM Mukti Utama Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak. mengadakan pelatihan membuat sirup jahe . Tangan-tangan mereka terampil mengolah jahe yang sekaligus menjadi sumber penghasilan.

" Sirup jahe ini bagus untuk kekebalan tubuh. Setelah minum sirup jahe ini, badan akan terasa hangat," kata tutor pembuatan sirup jahe Nusrotul Amanati, Sabtu (28/11/2020).



(Baca juga: Diduga Simpanan Anggota DPRD Labuhanbatu Utara, Wanita Seksi Ini Turut Ditangkap Polisi )
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top