Bogasari Gandeng ITS Uji Komersial Mesin Pengering Mie Buat UKM

loading...
Bogasari Gandeng ITS Uji Komersial Mesin Pengering Mie Buat UKM
Mesin Pengering Mie yang diujicoba oleh Bogasari dan ITS
SURABAYA - Sebagai upaya menjaga stabilitas produksi UKM mie kering dan kerupuk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuat mesin oven dan steamer.

Harapannya, mesin oven dan steamer ini dapat menggantikan energi panas matahari yang dipakai UKM mie kering dan kerupuk dalam proses pengeringan.

Selain mesin ini bisa menjamin kelancaran produksi di musim penghujan, cara kerjanya juga dirancang dengan konsep hemat energi.

(Baca juga: Kenalan di Pasar, Pemuda 29 Tahun Ini Sumringah Nikahi Nenek 76 Tahun )



"Karena saat produk dikukus atau direbus, udara panas yang dihasilkan dari burner mesin steamer dialirkan juga ke oven untuk proses pengeringan," kata Wakil Kepala Divisi Bogasari, Erwin Sudharma, dalam Webinar “Uji Komersial Mesing Pengering Mie dan Kerupuk Buat UKM”, Jumat (27/11/2020).

Menurut Erwin, pada musim penghujan mie dan kerupuk tentu sulit mendapatkan sinar matahari. Karena itulah dia berharap mesin ini akan membantu kesulitan UKM dalam hal pengeringan yang merupakan tahapan utama dalam produksi mie kering dan kerupuk. "Dan sudah menjadi komitmen kami untuk terus membantu mencarikan solusi guna peningkatan usaha UKM,” ujar Erwin.

Dia mengungkapkan, pembuatan oven dan stemer ini merupakan ide Bogasari yang mayoritas pelanggannya adalah UKM. Namun dalam pembuatannya, perusahaan tepung terigu itu berkerja sama dengan lembaga pendidikan yang memiliki program vokasi. Yakni Departemen Teknik Mesin Industri Fakultas Vokasi ITS, Surabaya. "Jadi ini merupakan wujud kolaborasi dunia usaha dunia industri, yakni Bogasari, UKM, dengan institusi pendidikan," terangnya.



halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top