Ketua Dekranasda Kalbar Dorong Industri Kreatif Bantu Pulihkan Ekonomi

Kamis, 26 November 2020 - 13:28 WIB
loading...
Ketua Dekranasda Kalbar Dorong Industri Kreatif Bantu Pulihkan Ekonomi
Ketua Dekranasda Kalbar Dorong Industri Kreatif Bantu Pulihkan Ekonomi
A A A
PONTIANAK - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalbar Lismaryani Sutarmidji mendorong Dekranasda yang dipimpinnya bertekad untuk membantu pemulihan ekonomi lokal dan regional Kalbar.

"Saya mengajak Bank Indonesia (BI), serta perangkat daerah untuk bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Kalbar dalam membantu Industri Kreatif Pulihkan Ekonomi," ajak Lismaryani Sutarmidji, Senin (23/11/2020), saat Menghadiri Pembukaan Pelatihan Menjahit dan Merancang Busana Secara Virtual.

Dijelaskannya, daya saing tersebut dapat ditingkatkan melalui pengembangan inovasi, desaign, kreativitas, dan efisiensi agar mempercepat digitalisasi pasar kerajinan menuju Industri 4.0.

“Mengkampanyekan dan menggalakkan Bangga Gunakan Produk Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Bangga Gunakan Produk Kalbar dengan cara mengisi kebutuhan barang dan jasa dengan produk dari daerah sendiri. Dia mengatakan cara inilah yang akan membantu percepatan pemulihan ekonomi lokal dan regional Kalbar, dan sekaligus meningkatkan kebanggaan, keyakinan diri, dan daya saing masyarakat Kalbar secara keseluruhan.

“Tingginya kebanggaan, keyakinan diri dan daya saing masyarakat Kalbar secara keseluruhan adalah dasar untuk Kalbar yang memilki berdaya saing, seperti yang menjadi Visi Bapak Gubernur,” tambahnya.

Dihadapan para peserta, dirinya berharap agar kesempatan pada pelatihan ini digunakan untuk mengasah kemampuan, kompetensi, dan kreativitas para peserta. Lismaryani juga meminta para peserta tidak menyia-nyiakan kegiatan yang dilangsungkan di masa pandemi Covid-19 untuk bisa mengembangkan diri dan usaha dengan terus berkreasi dan tidak berhenti berkarya.

“Jangan lupa untuk senantiasa terus mengembangkan pasar anda, baik secara mulut ke mulut, rajin berpromosi di daerah anda baik secara offline maupun online, degan teknologi dan hubungan kerja atau pertemanan Anda,” pesannya .

Kepada para instruktur pelatihan, Lismaryani berpesan agar bisa memberikan yang terbaik bagi pengembangn kemampuan, kompetensi, dan kreativitas para peserta. Sehingga, kegiatan kerja sama ini dapat mendorong upaya-upaya gerakan bangga produk Kalbar yang selalu di sosialisasikan istri Gubernur Kalbar ini.

"Saya yakin, saat Pandemi Covid-19 ini merupakan momen kebangkitan industri kerajinan dan industri kreatif Kalbar untuk lebih berdaya saing dan semakin berkontribusi di bidang ekonomi, mulai dari lingkungan sekitar perajin, hingga lokal daerah dan nasional, bahkan ekspor,” terangnya.

Lismaryani Sutarmidji selalu berpesan kepada yang peserta yang hadir untuk menjadi penyampai pesan kepada orang-orang di sekitarnya. Dengan tetap menjaga dan menerapkan Protokol Kesehatan agar terhindar dari Covid-19.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)