Hadapi Pandemi COVID-19, Darmi Bersaudara Optimis Kinerja Tahun Depan Semakin Moncer

loading...
Hadapi Pandemi COVID-19, Darmi Bersaudara Optimis Kinerja Tahun Depan Semakin Moncer
Direktur Utama Darmi Bersaudara, Nanang Sumartono Hadiwidjono (kanan) dan Komisaris Utama Darmi Bersaudara, Abdul Haris, saat pemaparan kinerja di Surabaya. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
SURABAYA - PT Darmi Bersaudara Tbk optimis tahun depan kinerja perusahaannya bakal semakin moncer. Optimis itu berdasarkan hasil kinerja yang tercatat positif tahun ini, padahal saat ini dihadapkan badai COVID-19 . (Baca juga: Sungai Cikuya Meluap, Tiga Kampung di Tasikmalaya Terendam Banjir )

Tahun 2021 perseroan memasang target net sales sebesar Rp114.660 juta atau meningkat lebih dari dua kali net sales tahun 2020 mencapai Rp49.993 juta. Direktur Utama Darmi Bersaudara, Nanang Sumartono Hadiwidjono mengatakan, tahun 2020 ini merupakan tahun dengan tantangan yang luar biasa berat bagi perusahaan akibat pandemi COVID-19 . Namun demikian, pihaknya masih mampu meraih keuntungan.

"Meski untung sedikit, tetapi ini merupakan capaian yang luar biasa. Karena pandemi yang melanda dunia ini juga sempat membuat perusahaan berhenti sekitar lima bulan. Jadi kalau pada akhir tahun ini kita masih membukukan untung, tentu itu hal yang luar biasa," katanya saat Public Ekspose di Darbe Cafe, Jalan Manyar Indah Raya Surabaya.

Ia mengungkapkan, pada awal pandemi sekitar bulan April 2020, perseroan sempat mengalami stagnasi karena pemerintah India, menerapkan kebijakan karantina sebagai respons terhadap merebaknya pandemi COVID-19 . (Baca juga: Datang ke Medan, Rocky Gerung Ajak Milenial Tolak Oligarki dan Nepotisme )



Padahal sekitar 95% produk ekspor PT Darmi Bersaudara ke India, dan sebagian Nepal. Namun pada pertengahan tahun, kondisi mulai berangsur pulih, sehingga perseroan mampu kembali mengirimkan 267 kontainer atau rata-rata perbulannya adalah 53 kontainer.



"Dan ini mendekati angka normal sebelum pandemi. Dimana sebagai perbandingan, selama Januari-Maret 2020 (sebelum pandemi COVID-19 mulai melanda India), jumlah volume ekspor yang berhasil dikapalkan mencapai 172 kontainer atau rata-rata per bulannya adalah 57 kontainer," ungkap Nanang.



Dalam kesempatan yang sama, Komisaris Utama Darmi Bersaudara, Abdul Haris menjelaskan, beberapa langkah dalam mewujudkan rencana kerja operasional perseroan di tahun 2021 sudah diawali pada kuartal ke-4 tahun 2019, yakni dengan membuka representative office di Kolkata, India, tepatnya di 14, N. S. Road, 4th Floor, dengan nama SRP Timber. (Baca juga: Coblosan Tinggal Menghitung Hari, Bala Bhineka Gencar Gelirya Menangkan ErJi )

Haris melanjutkan, selain bertujuan untuk memperpendek jalur penjualan langsung kepada end user, representative office juga memiliki fungsi taktis sebagai sentral di dalam penetrasi ke pasar di India selama periode pandemik COVID-19 .

"Ini cukup efektif. Tercermin pada volume ekspor /penjualan yang tumbuh cukup signifikan sebagaimana tercermin pada kuantitas kontainer yang berhasil dikapalkan Perseroan selama kurun waktu Juni – Oktober 2020," ujarnya.(Baca juga: Tak Ada Kompromi, Pangdam III Siliwangi dan Kapolda Banten Sikat Habis Baliho Provokatif )

Guna mendukung target net sales yang dipatok di tahun 2021 sebesar Rp114.660 juta atau meningkat lebih dari dua kali net sales tahun 2020 yang mencapai Rp49.993 juta, di tahun 2021 Perseroan merencanakan akan melakukan penambahan modal melalui mekanisme Right Issue/HMETD. Tambahan modal dari right issue ini akan dipakai untuk memperluas pasar ekspor , khususnya ke Korea Selatan (Korsel), dan Asutralia.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top