Makanan Olahan dari Singkong Bernilai Ekonomi Tinggi di Subang

Selasa, 24 November 2020 - 17:48 WIB
loading...
Makanan Olahan dari Singkong Bernilai Ekonomi Tinggi di Subang
Bupati Subang Kang Jimat didampingi Yoyoh Ruhimat, ketua TP PKK Kabupaten Subang, menghadiri festival dan peluncuran makanan ringan berbahan baku singkong
A A A
SUBANG - Bupati Subang, Haji Ruhimat, atau biasa di panggil Kang Jimat, didampingi Yoyoh Ruhimat, ketua TP PKK Kabupaten Subang, menghadiri festival dan peluncuran makanan ringan berbahan baku singkong di lapang Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, Selasa (24/11/2020).

Ketua PKK Kecamatan Cijambe dalam sambutannya menyampaikan hasil bumi di kecamatan Cijambe sangat banyak, salah satunya singkong. Pihaknya mencoba bekerjasama dengan ibu PKK tim penggerak desa berinovasi mengolah bahan dasar singkong. Terlebih petani singkong seringkali mengeluh murahnya harga singkong di tingkat petani.

Camat Cijambe Agung Nugroho, dalam sambutan selamat datang mengatakan kegiatan ini sudah lama ingin dilaksanakan, banyaknya bahan singkong yang dihasilkan warga masyarakat dapat menjadi peluang untuk diolah lebih lanjut. Terlebih saat ini untuk Kecamatan Cijambe belum ada makanan yang khas, barangkali ke depan singkong atau hasil olahan berbahan dasar singkong ada yang bisa menjadi brand atau makanan khas dari Kecamatan Cijambe, sebagai upaya mewujudkan jawara wisata dan Jawara Pakaya.
Makanan Olahan dari Singkong Bernilai Ekonomi Tinggi di Subang

Kang Jimat dalam sambutannya merasa bangga atas kreasi ibu ibu PKK Kecamatan Cijambe, yang mampu mengolah singkong menjadi makanan olahan yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Kang Jimat mengapresiasi atas upaya yang dilakukan pemerintah Kecamatan Cijambe. Jika ada sinergitas semua pihak, singkong bisa memiliki nilai yang lebih tinggi.

Kang Jimat mengatakan kita tetap harus berupaya agar covid bisa di tekan penyebarannya, tetapi meningkatkan ekonomi masyarakat juga penting untuk kita tingkatkan salah satu nya meningkatkan perekonomian petani singkong.

Kang jimat berencana untuk membantu memasarkan produk produk UMKM diantaranya melalui pasar ritel atau modern.

Kang Jimat meminta kepada ibu Ibu PKK untuk terus berkreasi dan berinovasi mengolah makanan yang berbahan dasar yang ada di sekitar seperti singkong, baik dalam bentuk olahan kering atau basah, agar memiliki standarisasi yang baik. tentunya kang Jimat meminta agar berkreasi juga dalam bentuk kemasan nya agar lebih menarik.

Kang Jimat juga menginstruksikan kepada jajaran Dinas DKUPP agar turut memberikan bantuan pembinaan agar makanan olahan tersebut dapat berkembang dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Terkait covid Kang Jimat berpesan meminta semua lini kepala desa dapat diberikan edukasi agar dapat meneruskan kepada masyarakat terkait pentingnya upaya pencegahan Covid19 melalui pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini merujuk kepada situasi dimana pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda tanda menurun.

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat bersama Ketua TP. PKK mencoba mencicipi makanan-makanan olahan berbahan dasar singkong. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Dharma Wanita Kabupaten Subang, Susi Aminudin, Kepala Dispemdes, Kepala Disparpora, Kecamatan Cijambe beserta unsur muspika, ibu PKK Kecamatan dan Desa Cijambe.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2608 seconds (0.1#10.140)