Ketua Dekranasda Kalbar Bertekad Bantu Pulihkan Ekonomi Lokal

Selasa, 24 November 2020 - 16:01 WIB
loading...
Ketua Dekranasda Kalbar Bertekad Bantu Pulihkan Ekonomi Lokal
Ketua Dekranasda Kalbar Lismaryani Sutarmidji mengatakan, Dewan Kerajinan yang dia pimpin bertekad bantu pemulihan ekonomi lokal dan regional Kalimantan Barat.
A A A
PONTIANAK - Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat Lismaryani Sutarmidji mengatakan, Dewan Kerajinan yang dia pimpin bertekad akan membantu pemulihan ekonomi lokal dan regional Kalimantan Barat. Untuk itu, dia mengajak Bank Indonesia, Kamar Dagang Indonesia, serta perangkat daerah untuk bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Saya harapkan Pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Kalbar terus melakukan kerja sama seperti ini, dan saya harapkan OPD terkait baik di provinsi dan kabupaten/kota se-Kalbar serta Bank Kalbar dan Kadinda Kalbar dapat merintis dan atau memfasilitasi kerjasama serupa, yaitu bersama-sama Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk meningkatkan daya saing perajin dan produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global," papar Lismaryani saat membuka kegiatan pelatihan merancang busana dan menjahit di Pontianak secara daring, Senin (23/11/2020).

Dijelaskannya, daya saing tersebut dapat ditingkatkan melalui pengembangan inovasi, desain, kreativitas, dan efisiensi agar mempercepat digitalisasi pasar kerajinan menuju Industri 4.0. "Mengkampanyekan dan menggalakkan Bangga Gunakan Produk Kalimantan Barat," ungkap Lismaryani.

Bangga Gunakan Produk Kalbar adalah dengan mengisi kebutuhan barang dan jasa dengan produk dari daerah sendiri. Dia mengatakan cara inilah yang akan membantu percepatan pemulihan ekonomi lokal dan regional Kalbar, dan sekaligus meningkatkan kebanggaan, keyakinan diri, dan daya saing masyaraakat Kalbar secara keseluruhan.

“Tingginya kebanggaan, keyakinan diri dan daya saing masyararakat Kalbar secara keseluruhan adalah dasar untuk Kalbar yang berdaya saing seperti yang menjadi visi Bapak Gubernur," imbuhnya.

Kepada para peserta, dia berharap agar kesempatan pada pelatihan ini digunakan untuk mengasah kemampuan, kompetensi, dan kreativitas para peserta. Ny. Hj. Lismaryani juga meminta para peserta tidak menyia-nyiakan kegiatan yang dilangsungkan di masa pandemi Covid-19 untuk bisa mengembangkan diri dan usaha dengan terus berkreasi dan tidak berhenti berkarya.

"Jangan lupa untuk senantiasa terus mengembangkan pasar anda, baik secara mulut ke mulut, rajin berpromosi di daerah anda baik secara offline maupun online, degan teknologi dan hubungan kerja atau pertemanan anda," ujarnya.

Kepada para instruktur pelatihan, Lismaryani berpesan agar bisa memberikan yang terbaik bagi pengembangn kemampuan, kompetensi, dan kreativitas para peserta. Oleh karenanya, kegiatan kerja sama ini dapat mendorong upaya-upaya gerakan bangga produk Kalbar yang selalu disampaikan perempuan nomor wahid di Kalbar ini.

"Karena saya yakin, momen Covid-19 ini adalah saatnya bangkit industri kerajinan dan industri kreatif Kalbar untuk lebih berdaya saing dan semakin berkontribusi di bidang ekonomi, mulai dari lingkungan sekitar perajin, hingga lokal daerah dan nasional, bahkan ekspor," kata Lismaryani.

Lismaryani selalu berpesan kepada yang hadir untuk menjadi penyampai pesan kepada orang-orang di sekitarnya agar senantiasa tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

Pesan ini diminta untuk disebarkan kembali kepada masyarakat agar jangan lengah dan jangan kendor untuk terus menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun selama 20 detik, menjaga jarak, dan menjaga imunitas tubuh.

"Selanjutnya, saya secara pribadi dan selaku Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat berharap dan selalu berdoa agar masyarakat Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia Umumnya, selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wata'ala, Maha Pemelihara, dan dalam keadaan sehat wal'afiat, selalu produktif serta optimis," pungkasnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2265 seconds (0.1#10.140)